Ads Top

Wisata Dieng yang Akan Membuat Anda Berdecak Kagum Karena Keindahannya


Dieng merupakan dataran tinggi yang terletak di dua wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Dieng sendiri merupakan dataran tertinggi kedua di dunia setelah dataran tinggi Nepal, dan keindahannya sudah di akui oleh dunia.


Telaga-Warna


Ada sekitar 37 objek wisata di area dataran tinngi Dieng yang pastinya sangat menarik untuk di kunjungi.Terletak tidak jauh dari gunung Sindoro dan gunung Sumbing,apabila cuaca cerah di pagi hari Anda bisa menyaksikan Golden Sunrise yang sangat indah dan mempesona.


Bukit-Sikunir


Di sini juga terdapat wisata sejarah yaitu candi,antara lain ada Candi Arjuna,Candi Srikandi,Candi Sembadra dan masih banyak lagi candi-candi yang akan membuat Anda terkagum-kagum.Selain itu Anda juga bisa memjumpai kawah,kawah ini berisi air belerang yang berasal dari pengunungan Dieng.Kebanyakan wisatawan juga memanfaatkan kawah belerang ini untuk merebus telur,pastinya harus dengan hati-hati karena kawah ini sangatlah panas.


Selain itu kita juga bisa menemukan anak-anak berambut gimbal di sekitar dieng,warga sekitar menyebutnya dengan rambut gembel.Uniknya rambut gimbal ini bukan karena jarang keramas,melainkan menurut masyarakat dataran tinggi Dieng,anak gimbal  tersebut adalah merupakan titipan dari Kyai Kolo Dete,seorang punggawa dari jaman Mataram Islam.


Fenomena rambut gimbal ini terjadi pada anak-anak antara usia 3 tahun sampai 8 tahun,dan untuk menghilangkan rambut gimbal tersebut,harus di adakan upacara ritual,di mana kepala adat akan memotong rambut gimbal tersebut agar rambut gimbal tidak tumbuh lagi.Selain itu orang tua mereka harus menuruti apa keinginan anak rambut gimbal tersebut kalau tidak rambut gimbal  akan tumbuh kembali.


index


Di sekitar dataran Dieng Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lain yang tidak kalah menakjubkan dari Candi Dieng dan kawah-kawahnya,kebun teh yang terbentang membuat dataran ini semakin sejuk.Di sore hari sekitar jam lima,jangan heran apabila Anda melihat warga sekitar yang sudah mulai mengenakan jaket atau berbalut kain sarung,ini di karenakan cuaca di sekitar Dieng yang sudah mulai dingin.


Tuhan telah menciptakan alam dan keindahannya,kita sebagai manusia hendaklah senantiasa menjaga dan melestarikannya,agar tetap terjaga dan bisa bermanfaat bagi semua.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.