Ads Top

Unik, Suku Lingon di Halmahera Ini Punya Ciri Fisik Kaya Orang Eropa


Ada yang unik dari Indonesia bagian timur, khususnya dari kepulauan Halmahera, pasalnya disebutkan dalam sejarah peradaban wilayah ini terdapat sebuah suku yang memiliki ciri fisik layaknya orang-orang Eropa. Mereka menamakan suku ini Suku Lingon.


Ya, berbeda dengan ciri fisik orang indonesia pada umumnya. Suku Lingon mempunyai ciri fisik berkulit putih, berbadan tegap, berambut pirang, hingga bermata biru, persis seperti orang Eropa asli.


suku-lingon-di-maluku--c39f74b530_cover


Populasi suku ini di Halmahera masih belum diketahui, bahkan dari beberapa sumber yang beredar, suku ini dapat dikatakan nyaris punah karena hampir tidak pernah menampakkan diri mereka pada orang banyak.


Mengapa mereka begitu terasing? Jawabannya adalah, pada jaman dahulu suku lingon sering mendapat ancaman dari suku suku lain yang hidup di pesisir pantai. Suku-suku tersebut sering mencoba menculik gadis-gadis suku lingon, karena perawakan mereka yang cantik, putih dan menarik. Sebab itulah mereka lebih memilih menghidar dari keramaian, dan terus masuk kedalam hutan, hingga mereka terasingkan seperti saat ini.


ilustrasi-perempuan-cantik-suku-lingon-di-halmahera_20160603_160712


Suku-suku setempat beranggapan suku lingon berbahaya, karena menganggap suku ini memakan daging mentah  dan dianggap memiliki ilmu sihir sehingga keberadaan mereka membuat resah suku setempat.


Asal usul suku lingon di Halmahera belum secara jelas diketahui dari mana asalnya, namun yang lebih masuk akal adalah cerita tentang kapal karam yang membawa orang Eropa disekitar Halmahera kurang lebih 300 tahun yang lalu.


lingon-1-1


Orang orang yang selamat dari kecelakaan tersebut kemudian mencari perlindungan, dan sampailah mereka ke pulau Halmahera. Namun, didalam pulau tersebut sudah terdapat suku lain, sehingga sering terjadi konflik dan memaksa suku lingon untuk terus masuk kedalam hutan.


Setelah ratusan tahun mendiami hutan, orang orang suku lingon mulai kehilangan identitasnya sebagai orang Eropa dan mulai beradaptasi dengan keadaan serta adat istiadat setempat yang nyaris primitif.


Hingga kini, keberadaan suku lingon masih menjadi misteri dan tetap menjadi sebuah cerita yang unik dari Indonesia bagian timur atau lebih tepatnya wilayah kepulauan Halmahera.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.