Ads Top

Seumur Hidupnya Orang Bertato Tidak Boleh Donor Darah, Kenapa


Hasil gambar untuk orang bertato


Pemakaian tato dewasa ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Guna terlihat eksis di kalangan remaja yang notabene masih dalam usia labil dan tahap mencari jati diri.


Tato sudah sangat digemari, baik pria maupun wanita. Padahal dibalik indahnya garis yang tergambar dalam tubuh itu memiliki dampak buruk bagi tubuh seperti alergi, infeksi dan lain-lain.


Hasil gambar untuk orang bertato


Menurut Dr. Andreas Luch ahli medis asal German Federal Institute for Risk Assessment di Berlin, Jerman, menuturkan bahwa tidak ada yang bisa menjamin tinta yang digunakan mentato kulit tersebut aman sepenuhnya, meskipun tinta modern saat ini sudah mengandung pigmen organik, tapi tetap saja mengandung unsur pengawet dan kontaminan, semacam timah, arsenik dan nikel. Sejauh ini tinta untuk pembuatan tato, setidaknya sebanyak 14% kandungan pengawet terkandung di dalamnya.


Secara umum tinta tato disuntikkan ke jaringan kulit dan masuk ke aliran darah. Hal ini sebagai penyebab bahwa darah orang yang telah terkontaminasi tinta tato tidak boleh melakukan donor darah walau dinyatakan secara fisik dia sehat.


Selain itu, dampak buruk lain dari penggunaan tato adalah kanker kulit, dan potensi hepatitis yang tinggi. Dan juga yang paling penting, jika selama pembuatan tato penggunaan alat pembuatan seperti jarum untuk menggambar tato dalam kondisi bekas dan tidak steril, resiko tertular HIV/AIDS sangat besar teradi.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.