Ads Top

Sering Merasa Malas Datang ke Acara Sekolah Anak Simak Penjelasan Ini !


rsz_parents_and_teacher


Orang tua yang berperan aktif dalam pendidikan anak-anaknya, dapat meningkatkan pencapaian belajar anak. Salah satunya dapat dilakukan dengan hadir di acara sekolah anak. Bila sekolah anak mengadakan acara yang mengundang kita untuk datang, maka datanglah. Mungkin terkadang kita melewatkan beberapa kegiatan sekolah seperti pertandingan yang anak ikuti, atau pameran seni sekolah. Namun bila kita memiliki waktu untuk datang, ini merupakan sebuah kesempatan yang baik untuk mengenal lingkungan sekolah anak. Seperti berdiskusi dengan guru dan mengamati anak berinteraksi dengan teman sebayanya.


rsz_parentteacherconference


Ini tidak hanya berlaku untuk ibu, namun bagi kedua orang tua. Mengapa hal ini menjadi begitu penting? Berikut penjelasannya ;


1. Acara sekolah hanya terjadi beberapa kali dalam setahun. Anak akan sulit mengerti mengapa kita tidak datang padahal ini bukan sesuatu yang berlangsung sepanjang waktu.


2. Acara sekolah menjadi kesempatan bagi anak untuk menunjukkan kegiatannya pada kita. Mereka bisa dengan antusias menceritakan dan berbagi tentang lingkungan sekolahnya. Seperti suasana ruang kelasnya dan tempatnya menghabiskan jam istirahat dengan bermain bersama teman-temannya. Dengan begitu, Anda bisa lebih memahami bagaimana keadaan sekolah anak.


3. Anak mendapat kesempatan untuk memperlihatkan keberhasilan yang diraihnya selama di sekolah. Seperti menunjukkan hasil karyanya yang dipajang di ruang kelas, majalah dinding yang dia buat bersama teman-teman kelompoknya, atau prestasinya yang lain. Anak juga akan menanyakan pendapat Anda tentang hasil kerjanya di sekolah. Biarkan anak membanggakan dirinya sedikit dengan dukungan gurunya.


4. Dengan mengusahakan hadir ke pertemuan orang tua murid dan guru, kita akan mengetahui fakta-fakta penting tentang anak dalam beberapa kasus di sekolah dan berkesempatan untuk memperbaikinya sejak dini. Tentu saja dengan bantuan dari guru-guru mereka.


5. Ketika guru anak kita meminta bantuan seperti menemani dalam karya wisata kelas atau membawa makanan ke acara sekolah, sebisa mungkin tanggapilah dengan senang hati. Keterlibatan Anda dalam acara sekolah, dapat menjadi pengalaman berharga bagi Anda dan anak.


6. Kehadiran orang tua dalam acara sekolah anak, dapat memberikan pesan dan makna tersendiri bagi anak. Anak akan mengetahui bahwa Anda peduli pada kehidupan sekolahnya dan perkembangan intelektualnya. Ini juga berati Anda mendukung sekolahnya, peran guru, maupun mata pelajarannya.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.