Ads Top

Jangan Dibuang! Kulit Pisang Justru Lebih Bermanfaat Lho


Daging buah pisang sangatlah bernutrisi. Mulai dari kalium, vitamin B, magnesium, serat, dan masih banyak lagi. Namun, tahukah kamu bahwa kulit pisang juga bernutrisi tinggi?


Sumber Foto : Wanista.com

Kandungan Kulit Pisang


Setelah diteliti, ternyata kulit pisang justru memiliki kandungan serat yang lebih tinggi ketimbang dagingnya. Kulit pisang juga mengandung zat lutein, satu jenis antioksidan yang mampu melawan radikal bebas.


Makan kulit pisang juga ampuh meringankan stress dan depresi. Hal itu karena adanya kandungan zat triptofan yang mampu merangsang produksi hormon serotonin, yaitu hormon yang menimbulkan perasaan bahagia. Dua buah kulit pisang sehari dalam 3 hari saja ampuh meningkatkan kadar serotonin hingga 16%.


Manfaat Lain


Kulit pisang juga bisa mempercepat penyembuhan luka. Caranya, cukup tempelkan bagian dalam kulit pisang ke bagian kulit yang luka.


Manfaat lainnya yakni untuk memutihkan gigi. Caranya mudah: gosok-gosokkan saja kulit pisang ke gigi selama satu menit. Lakukan setiap hari.


Cara Memakannya


Kulit pisang sebenarnya bisa dimakan mentah. Namun, biasanya rasanya tidak enak. Kulit pisang juga dikhawatirkan terkena pestisida, kecuali untuk pisang organik. Sebaiknya cuci kulit pisang dengan air mengalir agar pestisidanya hilang. Untuk menyiasati rasanya, kamu bisa mencampurkannya dengan buah lain dalam minuman jus atau memasaknya terlebih dahulu agar lebih lunak.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.