Ads Top

Inilah 3 Negara yang Secara Resmi Sudah Memblokir Situs Raksasa


http://dis-lb.net/

Belakangan beredar isu ancaman Menkominfo yang akan menutup akses media sosial apabila platform yang bersangkutan tidak taat aturan. Alasannya karena media sosial dianggap sudah berperan banyak terhadap perusakan moral rakyat dengan menyebarnya konten negatif seperti paham radikal dan pornografi.


Ada beberapa negara yang memang secara nyata sudah melakukan tindakan demikian. Bukan sekedar ancaman, rakyatnya memang sudah lama hidup tanpa media sosial dan internet.


China


Di China platform besar sekelas Google dan Facebook sudah lama diblokir. Rincian dari laman tempo.co (24-05-2015), Google dilarang sejak tahun 2002, Youtube pada 2008, dan Facebook pada 2009. Alasannya sejalan dengan kekhawatiran pemerintah Negara Komunis tersebut yang takut idealisme rakyatnya berantakan karena konten internet yang dianggap terlalu bebas dan sulit terkontrol.


Pakistan


Selain China, Pakistan juga telah melakukan pemblokiran terhadap sederet platform media sosial populer yang dianggap merugikan, seperti Facebook, Twitter, sampai situs kaya informasi Wikipedia. Yang terakhir pada 2015 pemerintah Pakistan bahkan menutup akses situs blog WordPress.


Hal tersebut disebabkan karena upaya pemerintah Pakistan untuk menutup wajah dari hujatan orang-orang lewat Dunia Maya. Awalnya pemblokiran dikatakan tidak permanen, namun sampai saat ini aturan tersebut masih diberlakukan.


Korea Utara


Pemblokiran internet di Korea Utara disebabkan oleh ketegangan politik yang sampai saat ini melandanya. Seperti dikutip dari liputan6.com (04-05-2017), situs yang dapat diakses di Korea Utara umumnya hanya menyangkut pemimpin Korea Utara yakni Kim Jong-un yang belakangan oleh negara-negara internasional dinilai negatif.


Ini dimaksudkan agar rakyat Korea Utara tidak terbawa oleh pengaruh luar yang mayoritas memojokkan negaranya. Pemerintah melakukan seleksi ketat terhadap situs yang dapat diakses, jika tidak benar-benar memberi dampak baik bagi negara akan diblokir.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.