Ads Top

Hanya Ada 2 Presiden Wanita Muslim di Dunia, Siapa Saja Mereka


Pro dan kontra terhadap keberadaan wanita sebagai pemimpin negara hingga kini masih berlanjut. Berbagai spekulasi terus menjadi perdebatan panjang yang seolah menjadi warna dalam panggung politik dunia.


Meski demikian banyak juga perempuan yang telah memiliki jabatan penting di beberapa negara. Seperti 2 wanita beragama Islam berikut yang duduk sebagai presiden berkat karier politik mereka yang melesat.


1. Halimah Yacob


halimah yacob

Pada 14 September 2017, wanita keturunan Melayu yang identik dengan jilbab, Halimah Yacob menjadi presiden wanita pertama beragama muslim di Singapura menggantikan Michael Palmer.


Masa kecil Halimah sebenarnya cukup memprihatinkan, ia ditinggal pergi oleh sang ayah ketika usianya masih 8 tahun. Semenjak saat itu, ia harus membantu ibunya berjualan Nasi Padang. Pilihan hidup untuk terjun di dunia politik justru membawa namanya menjadi pembahasan dunia hingga saat ini.


2. Megawati Sukarno Putri


megawati

Usai Habibie turun dari kursi kepresidenan, Megawati secara resmi diangkat pada 14 Januari 2013. Putri dari proklamator Republik Indonesia ini mencatatkan namanya sebagai presiden beragama Islam pertama di dunia.


Semenjak duduk di bangku perkuliahan, kemampuan politik Megawati sudah diasah, dirinya tercatat aktif di berbagai organisasi mahasiswa. Karier Megawati semakin memuncak ketika dirinya terpilih pada 1993 silam sebagai ketua umum dari salah satu partai besar di Indonesia.


Terlepas dari profesi di pemerintahan, beberapa wanita muslim di dunia juga sempat memiliki jabatan penting. Diantaranya adalah Sevil Shhaideh dari Rumania dan Bennazir Bhutto dari Pakistan yang pernah menjabat sebagai perdana menteri.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.