Ads Top

Cara Mudah Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil


Kaki bengkak sering dialami para ibu yang sedang hamil. Kaki bengkak ini umumnya terjadi pada trimester kedua dan ketiga kehamilan atau saat hamil tua. Ini karena pada usia kehamilan tersebut, kaki semakin berat menopang bobot tubuh sang ibu.


Secara medis, kaki bengkak pada kehamilan atau yang dalam dunia kedokteran disebut edema disebabkan oleh penimbunan cairan akibat natrium atau kadar garam yang terlalu tinggi dalam tubuh. Natrium mempunya sifat menahan cairan sehingga kelebihan cairan di dalam tubuh tertahan dan sulit dikeluarkan karena terikat oleh ion-ion natrium.


Kaki Bengkak Hamil_1


Kaki bengkak pada kehamilan sangat mengganggu si wanita hamil. Tubuh menjadi semakin sulit bergerak. Belum lagi rasa nyeri yang muncul dari bengkak tersebut.


Jika Anda mengalami kaki bengkak pada kehamilan, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Cara tersebut di antaranya:


Kaki Bengkak Hamil_2


1. Mengurangi mengkonsumsi garam atau makanan yang asin. Sebaliknya, perbanyaklah minum air putih.


2. Sering-seringlah meminum air rebusan kacang hijau pada pagi dan menjelang malam. Rebuslah kacang hijau, lalu diamkan air rebusan tersebut sampai hangat-hangat kuku. Minumlah tanpa campuran apa pun.


3. Setiap hari lakukan jalan santai pada pagi hari tanpa alas kaki. Lakukan minimal 30 menit. Jalan tanpa alas kaki akan memberikan efek pijatan pada kaki sehingga bisa memperlancar peredaran darah.


4. Jika bepergian, gunakanlah sepatu berhak rendah. Jangan menggunakan sepatu berhak tinggi.


5. Jangan berdiri terlalu lama saat mengerjakan sesuatu.


6. Ketika duduk, hindari duduk dengan posisi kedua kaki menggantung. Duduklah dengan kedua telapak kaki memijak sesuatu.


7. Saat hendak tidur, gerak-gerakkanlah pergelangan kaki 3-10 putaran ke kanan dan ke kiri. Gerakkan secara perlahan-lahan dan hati-hati. Menggerakkan kaki ini akan membantu merilekskan kaki.


8. Ketika tidur, letakkan kaki di atas bantal. Dengan cara ini aliran darah akan lebih lancar, termasuk aliran darah ke jantung.


Kaki Bengkak Hamil_3


9. Aktiflah mengikuti senam hamil. Senam hamil akan memperlancar peredaran darah pada kaki dan seluruh tubuh.


10. Jika telanjur terjadi kaki bengkak pada kehamilan, menghilangkan kaki bengkak saat hamil dapat dilakukan dengan membaluri kaki dengan ramuan beras dan kencur yang ditumbuk halus. Balurkan beras-kencur tersebut secara merata pada seluruh bagian kaki.


Demikian beberapa tips menghilangkan kaki bengkak saat hamil. Semoga tips ini bermanfaat. Selamat mencoba.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.