Ads Top

Butuh Protein Rendah Lemak Cobalah Kuliner Tutut dari Jawa Barat Ini!


tutut


Tutut yang dalam bahasa Indonesia adalah keong sawah merupakan kuliner dari Jawa Barat yang digandrungi terutama oleh para ibu. Tutut dalam bahasa Jawa juga dikenal sebagai kreca atau kreco. Biasanya menghidangkan tutut perlu proses yang lumayan lama karena harus membersihkan kotorannya dahulu dari dalam binatang sawah itu.


Ya, tutut memang binatang yang hidup di sawah, danau atau di kali. Proses pemasakannya dimulai dengan perendaman dulu dalam air bersih selama beberapa jam, supaya kotorannya keluar. Lalu tutut di lobangi bagian ekornya supaya bumbu bisa meresap dan memudahkan memakannya nanti. Setelah dilobangi barulah  dimasak dengan bumbu yang pedas. Bumbu yang digunakan biasanya perpaduan antara kemiri, merica, kunyit dan cabai. Hasil masakannya nanti adalah campuran antara rasa pedas manis sekaligus gurih.


Masakan tutut memang terkesan jorok, namun tahukah anda dibalik kesan jijik itu tutut memiliki kandungan protein yang tinggi lho! Selain protein, tutut juga mengandung vitamin, kalsium, magnesium, zat besi, folat dan lain-lain yang berguna untuk tubuh.


Protein dalam tubuh tutut dapat dimanfaatkan sebagai pengganti daging yang harganya melambung dari pada harga tutut itu sendiri. Yang lebih penting tutut adalah sumber protein yang rendah lemak dan non cholesterol juga hingga sangat aman untuk usia lanjut.


Cara makan tutut biasanya dengan cara disedot dalam-dalam, namun jika merasa tak biasa bisa juga dengan cara mencungkilnya menggunakan tusuk gigi. Tetapi jika ingin lebih menikmati, cobalah dengan cara sedot. Dijamin enak dan ngangenin.


Nah, tak perlu mahal kan untuk memperoleh makanan yang bergizi?


#NulisNantanginNulis


#kuliner


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.