Ads Top

Awas! Usai Lebaran Beredar Uang Baru Tapi Palsu, Begini Cara Membedakannya


50001 asli


Ditahun 2017 ini Bank Indonesia telah mengeluarkan uang kertas dengan model baru yang menggantikan uang kertas model lama yang lebih dulu keluar. Keluarnya uang baru ini sempat menghebohkan rakyat Indonesia yang menimbulkan pro dan kontra, ada yang melihat terdapat logo PKI, dan ada yang bilang miri seperti uang negara lain.


Namun disini kita tidak membahas mengenai pro dan kontra, tetapi kita membahas tentang cara membedakan uang asli dan palsu pecahan 50 ribu yang belum lama ini beredar. Bank Indonesia dan Peruri sendiri telah mendesain sedemikian rupa serta membuatnya dari bahan khusus agar tidak mudah untuk dipalsukan.


Sebernarnya ada beberapa perbedaan antara uang asli dan palsu, muai dari bahannya, hingga desainnya yang dikatakan sangat mirip dengan uang asli. Untuk lebih jelasnya yuk kita kenali ciri-ciri uang palsu 50 ribu dibawah ini.


palsu


Yang pertama kita dapat melihat perbedaan warna dari uang asli dan palsu, dimana uang yang asli warna nya lebih terang dibanding uang palsu yang warnanya terlihat redup. Lihat dibawah ini.


warna


Yang kedua, bisa kita lihat pada bagian logo BI, yang asli terlihat cerah, sedangkan pada uang palsu terlihat pudar.


logobi2


Kalau yang dibawah ini adalah hal yang sudah umum, yaitu melihat ada atau tidaknya tanda air atau melihat gambar bayangan pada uang tersebut. Karena sampai sekarang tanda ini belum ada yang dapat memalsukan.


50001 asli


Yang terakhir ialah sama dengan hal pertama, dimana terlihat uang asli warnanya lebih cerah, sedangkan uang palsu terlihat pudar.


aslipalsu


Demikian cara membedakan uang asli dan palsu, selalu berhati-hati!. Karena di 2017 ini masih saja ada oknum jahat demi meraup keuntungan dengan membuat uang palsu. Semoga informasi ini bisa membuat kita lebih teliti mana uang palsu dan asli.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.