Ads Top

Ini Dia 4 Pahlawan Nasional yang Lahir Bulan Agustus


Lebih dari 3,5 abad kita dijajah bangsa lain dan itu sangat menyakitkan, beragam siksaan dan perlakuan yang tidak manusiawi didapatkan bangsa ini. Perbudakan menjadi hal yang biasa seakan nyawa dan harga diri bangsa kita tidak ada artinya. Bukan bangsa Indonesia namanya yang rela dan ikhlas diperlakukan sedemikian buruk, berawal dari penderitaan yang tidak berujung ini lah yang membangkitkan semangat pemuda dan pemudi bangsa kita untuk belajar dan berusaha berjuang untuk keluar dari penderitaan berkepanjangan selama ini.


Ibu pertiwi lah yang melahirkan pemuda dan pemudi yang tangguh ini yang akan menyelamatkan bangsanya dari penjajahan yang sangat menyakitkan. Para Pahlawan ini lahir di bulan yang sama dengan kemerdekaan bangsa ini dan memberikan segenap jiwa dan raga, bahkan salah satu diantaranya menjadi Proklamator kemerdekaan bangsa Indonesia.


1. DR. Mohammmad Hatta (12 Agustus 1902)
Pelajaran-Hidup-dari-Mohammad-Hatta_tarbijah-Islamijah.jpg1


Muhammad Hatta atau yang lebih kita kenal dengan Bung Hatta tidak dapat dipisahkan dari perjalanan panjang bangsa ini menuju kemerdekaan. Bung Hatta mendampingi Ir. Soekarno dalam perjuangan dan akhirnya dipercaya bangsa Indonesia menjadi Wakil Presiden yang pertama.


2. K.H. Ahmad Dahlan (1 Agustus 1868)
kha-dahlan_low-e1452684406705.jpg1


K.H. Ahmad Dahlan merupakan pemimpin muslim sejati dan pendiri Muhammadiyah, berkat beliau bangsa indonesia semakin sabar dan tabah dan mampu berusaha bangkit melawan penjajahan


3. H.O.S Jjokroaminoto (16 Agustus 1882)
lukisan-hos-tjokroaminoto-_150408211031-641.jpg1


beliau adalah salah satu pelopor pergerakan kemerdekaan di Indonesia kala itu dan berperan sebagai guru para tokoh-tokoh besar Indonesia bahan presiden pertama Indonesia berguru kepadanya.


4. M. Yamin (24 Agustus 1903)
1


M. Yamin adalah penyair sekaligus aktivis kemerdekaan Indonesia. M. Yamin turut serta menyusun ikrar sumpah pemuda yang menjadi awal tonggak persatuan para pemuda Indonesia.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.