Ads Top

Hebat! Wanita Ini Bisa Mengingat Setiap Detail Kehidupannya


Rebecca-Sharrock-memory


Dapatkah kamu membayangkan bisa mengingat setiap pengalaman hidupmu, setiap percakapan yang pernah kamu alami, setiap makanan yang kamu makan, setiap kata dalam buku favorit dan bahkan nuansa pakaian yang kamu kenakan pada hari ulang tahun pertamamu? Itulah kehidupan Becky Sharrock, dan yang menakjubkan seperti kemampuan itu terdengar, dia bilang itu juga bisa sangat mengerikan.


Tiga tahun yang lalu, Rebecca Sharrock sedang membaca sebuah artikel surat kabar yang menyebutkan bahwa tidak mungkin orang mengingat kembali rincian kehidupan mereka yang telah terjadi selama empat tahun pertama keberadaan mereka. Benar-benar omong kosong belaka, pikirnya pada dirinya sendiri, karena dia bisa dengan jelas mengingat hidupnya sebelum kembali berusia 12 hari. Orang tuanya membawanya ke tempat pengemudi mobil mereka dan membaringkannya untuk foto. Dia ingat melihat sekeliling dan bertanya-tanya apa penutup kursi dan kemudi di atasnya. Tapi itu bukan omong kosong, dia hanyalah 1 dari 80 orang yang diketahui menderita suatu kondisi misterius yang disebut Highly Superior Autobiographical Memory (HSAM).


Seperti Jill Price, wanita yang tidak bisa melupakannya, Becky Sharrock yang berusia 27 tahun, dari Brisbane, Australia, mengingat semua detail hidupnya, tapi yang benar-benar membuat dia istimewa adalah seberapa jauh kenangannya kembali. Jill dan HSAM lainnya hanya ingat tentang kehidupan sehari-hari mereka dari saat berusia 10 14 tahun, namun Sharrock mengingat saat-saat tertentu masa kecilnya. Dia ingat gaun yang dikenakan pada hari ulang tahunnya yang pertama dan betapa gatal rasanya, betapa menyeramkannya mainan mewah Minnie Mouse yang dia dapatkan saat sebuah hadiah terlihat dan bagaimana dia akan selalu mendorongnya, serta betapa tidak tertariknya dia pada adik bayinya pada awalnya.


Becky kadang-kadang akan bertanya kepada ibunya pertanyaan tentang hal sepele, seperti jika dia menyukai acara TV, dan bingung dengan jawabannya. Tapi bukan itu yang kamu katakan waktu terakhir kali saya bertanya, katanya.


Terakhir kali? Kapan terakhir kali? Ibunya akan merespon.


Ketika saya bertanya lima tahun yang lalu, kata Becky.


Kasus Becky Sharrock yang tidak biasa, di mana reporter Allison Langdon menguji kemampuannya dengan mengajukan pertanyaan tentang rangkaian buku favoritnya, Harry Potter.


Rebecca-Sharrock-memory2


Saya mengujinya di buku (Harry Potter) karena dia bilang dia bisa mengingat setiap kata dari setiap buku, kata Langdon. Jadi saya akan mengambil sebuah buku dan membuka sebuah halaman dan membacakannya sebuah garis dan segera dia akan menamai buku, nomor bab, nama bab dan bisa membacakan setiap kata sampai saya menyuruhnya untuk berhenti.


Mampu mengingat setiap detail kecil tentang sebagian besar hidupmu adalah kemampuan yang luar biasa, namun karena setiap penderita HSAM akan memberi tahumu ini bisa sangat sulit untuk ditangani. Melupakan adalah salah satu mekanisme yang kita gunakan untuk mengatasi pengalaman tragis atau menyedihkan dalam hidup kita, tapi itu adalah sesuatu yang orang seperti Becky Sharrock atau Jill Price tidak mampu melakukannya.


Rebecca-Sharrock-memory3


Salah satu kemampuan hebat kita sebagai manusia adalah kita bisa melupakannya, menyingkirkan barang-barang yang tidak penting. Namun, mereka bisa mengingat kejadian yang tidak signifikan sama jelasnya, kata Allison Langdon. Itu sebabnya banyak orang dengan kondisi tersebut mengatakan itu adalah beban.


Bahkan berjalan di jalan dan dengan ringan menabrak seseorang memicu kenangan jauh dari masa kecil Becky, saat seorang anak laki-laki menabraknya dan menjatuhkannya. Dia segera kembali ke masa itu, dengan jelas menghidupkan kembali pengalaman itu lagi. Pasti secara emosional meringankan pengalaman menyakitkan dari hidupnya terus-menerus adalah beban berat.


Juga, orang dengan HSAM sering kali melakukan hal buruk di sekolah, karena mereka memiliki masalah dalam menyaring semua informasi, dimana mengingat hanya beberapa hal penting. Bagi mereka, informasi itu berlebihan. Kamu pikir kamu akan memuji hasil tes-mu, tapi itu tidak membuatmu jenius, kata Allison Langdon.


RebeccaSharrockmemory4350x550


Otak Becky yang luar biasa bisa membantu ilmuwan menemukan obat untuk penyakit mental yang mengerikan seperti penyakit Alzheimer. Kondisinya adalah sisi lain dari spektrum dan bisa menyimpan rahasia untuk mengobati atau bahkan mencegah Alzheimer.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.