Ads Top

Cuma di Kota Ini Kamu Bisa Terbunuh oleh Sapi


stray-cows-750x533


Seperti banyak kota lain di seluruh dunia, masyarakat perkotaan India memiliki sejumlah besar anjing liar yang tinggal di samping penghuni manusia. Tapi gigi taring bukanlah masalah liar terbesar di India, namun sapi-sapi itu. Mereka menyebabkan ribuan kecelakaan lalu lintas setiap bulan, memblokir lalu lintas dan menyebarkan penyakit. Pemerintah telah lama menyadari banyak masalah yang disebabkan oleh sapi yang berkeliaran di jalan-jalan kota yang ramai, namun sepertinya tidak ada yang tahu apa yang harus dilakukan terhadap mereka.


Sapi liar telah menjadi bagian dari kehidupan kota India selama orang lain mengingatnya, namun mereka menjadi semakin bermasalah dalam beberapa tahun terakhir, dengan pembangunan infrastruktur dan peningkatan jumlah mobil yang melaju di jalan India. Sapi perkotaan tidak takut lalu lintas, jadi tidak biasa melihat mereka berkeliaran, di tengah jalan, tidak terganggu oleh klakson atau pengemudi yang mencoba menakut-nakuti mereka. Kekerasan tidak dapat diterima, karena sapi dianggap suci, dan merugikan mereka dengan cara apapun akan membuat marah orang-orang Hindu, jadi orang harus terus mengingat kekecewaan mereka, tidak peduli betapa buruknya hal tersebut.


8b3b2e5afebbe8db97982b3d1bda1c35--cow-india


Fakta bahwa India bahkan memiliki ternak liar dikaitkan dengan status suci mereka di negara yang didominasi Hindu. Pembantaian mereka dilarang di sebagian besar negara, jadi ketika sapi hidup lebih lama dari kegunaannya dan atau dianggap terlalu banyak beban keuangan, pemilik mereka hanya melepaskannya di jalanan. Ini telah berlangsung sejak lama, dan saat ini, populasi sapi liar di India mencapai jutaan dan tumbuh dengan pesat.


Sapi dapat dilihat berkeliaran di jalan-jalan yang ramai di kota-kota besar seperti New Delhi sepanjang hari, sering menyebabkan kecelakaan dan menghalangi lalu lintas, tapi yang paling berbahaya di malam hari. Kendaraan yang bergerak dengan kecepatan tinggi memiliki waktu yang sulit untuk melihat hewan-hewan ini pada waktunya, dan terkadang mogok mengakibatkan hilangnya nyawa manusia dan hewan. Kembali pada bulan April, pihak berwenang di Punjab mengumumkan bahwa sapi-sapi liar yang terlibat dalam kecelakaan lalu lintas telah membunuh 300 orang dalam 30 bulan terakhir. Dan itu hanya dalam satu keadaan.


Tapi kecelakaan dan kemacetan lalu lintas hanyalah dua dari masalah yang disebabkan oleh sapi. Sementara kebanyakan dari mereka mungkin terlihat sehat, mereka benar-benar berpenyakit, atau setidaknya membawa beberapa patogen makanan dan penyakit yang paling berbahaya ditanggung oleh manusia di dunia. Mereka terutama memakan sampah, dan bukti menunjukkan bahwa susu mereka dan juga limbah yang mereka hasilkan mengandung antibiotik, hormon dan logam berat, beberapa di antaranya dapat menyebabkan penyakit sementara pada manusia, sementara yang lain dapat menyebabkan kematian.


547425232-malancrav-dorfstrasse-mener-paitre-posterieur


Perusahaan susu ilegal yang beroperasi di kota-kota besar di India juga merupakan masalah besar. Mereka mengandalkan sapi liar untuk mencari susu terkontaminasi yang kemudian dijual dengan murah kepada penduduk miskin. Mereka tidak hanya sengaja membiarkan sapi-sapi itu lepas landas di jalanan untuk menghemat uang untuk makanan, namun perusahaan susu ini kadang-kadang mengandalkan koneksi politik agar hewan-hewan tersebut dilepaskan dari tempat penampungan sapi nirlaba, jika mereka tertangkap.


Penangkap sapi saat ini satu-satunya cara kota-kota India berurusan dengan sapi liar. Kadang-kadang disebut sebagai koboi perkotaan, orang-orang ini hanya mengandalkan tali dan kekuatan kasar untuk menangkap sapi, memasukkannya ke truk dan membawa mereka ke salah satu tempat penampungan sapi yang penuh sesak, atau gaushalas. Satu-satunya saat mereka diizinkan untuk menggunakan senjata api, adalah ketika mereka didampingi oleh dokter hewan, yang tidak sering terjadi.


Tapi tidak hanya menangkap sapi liar butuh kerja keras dan berbahaya, karena mereka cenderung menendang dengan keras saat diancam, penangkap sapi juga harus berurusan dengan populasi manusia. Pengemudi yang frustrasi sering beralih ke kekerasan jika penangkap memblokir lalu lintas terlalu lama, mencoba untuk melepaskan sapi, pemilik susu ilegal bahkan lebih buruk lagi, dan bahkan orang-orang Hindu pun melempari mereka dengan batu dalam upaya membuat mereka meninggalkan hewan suci sendirian.


stray-cows3


Penangkap sapi berjuang untuk menyingkirkan jalan-jalan sapi liar, tapi sebentar lagi mereka mungkin tidak memiliki tempat untuk membawa mereka. Rajendra Singh Shekhawat, yang mengelola gaushala terbesar di New Delhi, mengatakan bahwa dia sudah mendekati kapasitas penuh, dan semua tempat penampungan lainnya menghadapi masalah yang sama. Untuk memperburuk keadaan, jumlah sapi yang terbengkalai meningkat, karena mesin dan traktor mengambil alih pekerjaan mereka.


Pemerintah distrik terus mengumumkan kampanye untuk menyingkirkan kota-kota dari sapi-sapi liar, namun dengan sekitar 5 juta hewan yang masih berkeliaran di jalanan, tidak ada yang tahu persis bagaimana mereka merencanakan untuk melakukan itu, atau ke mana mereka berencana untuk membawanya.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.