Ads Top

Agar Terhindar dari Kanker Payudara, Jauhi Kebiasaan Ini


Perkembangan zaman yang semakin menuntut manusia untuk melakukan segala kegiatan dengan serba instan membuat tubuh manusia cenderung mudah terserang penyakit. Ada banyak yang menjadi faktor timbulnya sebuah penyakit, salah satu penyakit yang sering menyerang wanita pada umumnya adalah kanker payudara. Penyebab umumnya kanker payudara adalah karena seseorang yang sudah terbiasa menerapkan gaya hidup yang tidak sehat, seperti tidak menjaga pola makan yang sehat dan malas berolahraga.


Oleh karena itu, kebiasan buruk seperti diatas harus kita hindari agar tubuh kita tidak rentan dan mudah terserang penyakit  kanker payudara. Dilansir melalui situs hellosehat.com, berikut ini adalah kebiasan buruk yang sering wanita lakukan yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit kanker payudara.


1.Bergadang Terlarut Malam


Penyakit Akibat Sering Begadang


Tuntutan perkerjaan yang membuat sesorang mengundur waktu tidurnya terlarut malam sudah menjadi rutinitas para wanita karir. Memang bergadang secara medis diperbolehkan namun tetap harus dapat mengontrol waktu tidur yang baik dan efektif. Apa akibat yang dapat timbul jika tubuh keseringan bergadang? Akibat yang fatal salah satunya adalah Kanker Payudara.


Hormon tubuh yang melemah dapat membuat tubuh mudah terserang sel- sel kanker. Terlalu keseringan bergadang dapat berdampak menurunkan produksi hormon melatonin. Hormon melatonin inilah yaang bertugas sebagai penghambat timbulnya sel-sel kanker payudara. Oleh karenanya, para pasien pengidap kanker jenis apapun yang melakukan pengobatan dan terapi, selalu memiliki kadar hormon melatonin yang sangat rendah. Oleh sebab itu ladies, mari membiasakan hidup sehat sebelum penyakit yang tidak kita inginkan menyerang tubuh kita. Tidur secukupnya dan tidak berlebih-lebihan harus diterapkan dalam hidup sehat.


2.Merokok


Iklan-Rokok-Harusnya-Tak-Boleh-Tayang-di-Televisi-Sebut-Ketua-MPR-640x426


Fakta yang terjadi dalam dunia medis, bahwasannya ditemukan bahwa data pasien pengidap kanker payudara adalah ditimbulkan karena merokok. Rokok memang penyebab utama timbulnya berbagai penyakit dalam tubuh manusia. Oleh karenanya jauhi sebisa mungkin untuk tidak merokok dan menjauhi orang yang merokok. Kebanyakan dari para wanita memang tidak  berperan sebagai perokok yang aktif, namun sebagai perokok yang pasif. Perokok pasif yakni orang yang tidak menghisap rokok namun menghirup asap rokok dari asap yang dikeluarkan oleh orang yang perokok. Dampak serius yang dapat terjadi oleh perokok pasif adalah 2 kali lebih berbahaya daripada perokok aktif. Kandungan zat karsinogenik yang terdapat pada rokok, seperti nikotin dan tar tidak hanya dapat menyebabkan kanker pada paru-paru, namun juga dapat dapat menimbulkan penyakit kanker payudara.


3. Alkohol


ilustrasi-pecandu-alkohol-5-140710-andri


Penelitian yang terbaru menjabarkan bahwa wanita yang mengkonsumsi alkohol sebanyak 3 hingga 6 gelas lebih dalam sepekan dapat membuat timbulnya penyakit kanker payudara lebih berpotensi hingga 15 persen. Hal ini disebabkan karena dampak dari alkohol adalah menghambat kerja sistem saraf secara tidak normal, salah satunya dalam hal produksi hormon kerja sistem imun tubuh. Hormon yang tidak seimbang dapat menimbulkan penyakit kanker payudara. Banyak dampak buruk lainya yang dapat timbul karena mengkonsumsi alkohol secara berlebih.


4. Mengkonsumsi Makanan JunkFood


junk


Kehidupan yang serba instan menyebakan manusia membutuhkan segala sesuatunya juga dengan cara yang instan pula. Termasuk salah satunya adalah dalam hal memilih makanan untuk dikonsumsi. Makanan berlemak trans dapat menimbulkan tubuh menjadi gemuk dan obesitas berlebih. Kadar yang berlebihan ini jika tidak segara dihilangkan dengan cara berolahraga dapat mempengaruhi kerja hormon yang tidak efektif. Ketidakstabilan kerja hormon tubuh dapat membuat tubuh terserang berbagai macam penyakit salah satunya kanker payudara. Oleh karena itu, amat disarankan untuk para ladies, senantiasa mengkonsumsi makanan Organik sebagai salah satu menjalani gaya hidup yaang sehat.


5. Pil KB


Salah satu program pemerintah dalam membatasi perkembangan manusia juga termasuk kedalam faktor penyebab timbulnya penyakit kanker payudara. Penggunaan pil KB sebenarnya aman jika dalam kadar yang tepat mengkonsumsinya.


Penggunaan pil KB yang berlebih dapat menyebabkan kadar esterogen dalam tubuh meningkat. Kelebihaan hormon esterogen dalam  tubuh juga dapat mendorong timbulnya kanker pada bagian payudara wanita.


6. Malas Bergerak


Orang yang malas bergerak dan pasif yang hanya menghabiskan sebagian waktu hidup mereka untuk tidur dan bermalas-malasan mempunyai peluang yang lebih besar mengidap penyakit kanker payudara. Karena seperti yang sudah diulas diatas, kanker payudara memang disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Semestinya bergerak melakukan hal-hal yang kecil yang dapat membuat tubuh berekeringat harus tetap dilakukan. Lebih disarankan untuk memulai gaya hidup yang sehat, berolahraga minimal seminggu sekali dapat membatu tubuh membuang racun-racun yang tertanam dalam tubuh kita.


Meski penyakit kanker payudara cenderung lebih menyerang wanita kebanyakan, namun tidak menutup kemungkian juga menyerang bagi pria. Bukti yang dapat dilihat adalah banyaknya kasus yang terjadi saat sekarang ini kanker payudara juga diderita kaum pria. Oleh sebab itu, baik wanita dan pria menjalani gaya hidup yang sehat sangat penting sebagai cara untuk tetap menjaga kesehatan tubuh kita.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.