Ads Top

Wow! Ini Dia Misteri Suku Lingon Mata Biru di Indonesia


8bb97b37b6146db127d09ca866f24201


Indonesia Negara dengan keberagaman rempah rempah, sumber daya alam, suku dan budayanya. Padatahun 2016 tercatat ada sekitar 1340 suku di Indonesia dengan ciri khas dan karakteristik masing-masing yang sungguh mempesona. Dengan jumlah suku yang begitu banyak, Indonesia ditetapkan sebagai Negara dengan suku terbanyak di Dunia.


Dari banyaknya suku yang ada di Indonesia ada satu suku yang sungguh mengagumkan dan bisa dibilang sangat misterius keberadaanya. Suku ini adalah Suku Lingon. Masih banyak yang belum mengetahui adanya suku ini di Indonesia, berikut fakta dan penjelasan singkat mengenai keberadaan Suku Lingon.


Tempat tinggal Suku Lingon


Suku Lingon merupakan salah satu suku yang misterius di Indonesia yang lambat laun mulai terungkap. Suku ini tinggal dan hidup di daerah pedalaman hutan Halmahera Timur, Indonesia. Pulau Halmahera Timur ini merupakan pulau terbesar yang ada di kepulauan Maluku tepatnya Maluku Utara sering juga disebut sebagai pulau Jilolo atau Gilolo.


Karakteristik Suku Lingon


Satu hal yang membuat Suku Lingon misterius adalah keberadaanya di zaman sekarang, entah masih ada atau sudah punah atau bisa saja sudah membaur dengan suku lain di Indonesia. Suku Lingon secara fisik lebih mirip dengan orang Eropa dikarenakan suku ini termasuk dalam ras kaukasoid, yang merupakan ras orang eropa.


Ilustrasi-fisik-orang-Suku-Lingon


Eksistensi di Indonesia


Keberadaan suku ini dianggap berbahaya bagi suku sekitar. Banyak dari mereka berfikiran bahwa Suku Lingon memiliki sihir, dan mereka mempunyai kebiasaan memakan daging mentah. Beberapa penjelajah di Maluku sempat bertemu dengan Suku Lingon mereka berkata Suku Lingon memiliki mata berwarna biru yang indah


Asal usul Suku Lingon


Suku ini berasal dari Eropa, dalam sebuah cerita rakyat diceritakan pada 300 tahun yang lalu ada kapal yang tenggelam dekat perairan Halmahera, disinyalir kapal tersebut berasal dari Eropa. Kemudian para penumpang kapal terpaksa turun dan menetap di pulau terdekat akibat dari tidak bisa kembali ke daerah asal. Saat mereka mulai menetap mereka tidak disambut baik dengan suku pribumi di pulau itu akhirnya mereka mencari tempat baru dan sampailah mereka di pedalaman Halmahera Timur kemudian mereka menetap dan hidup disana.


hqdefault


Keunikan Suku Lingon


Mata biru mereka menjadikan suku ini sebagai suku yang unik. Karena seperti yang kita ketahui, orang Indonesia lahir dengan warna mata hitam kecoklatan. Tapi hal berbeda terjadi pada suku Lingon. Mereka tinggal di Indonesia tapi memiliki warna mata yang berbeda dengan masyarakat pada umumnya.


Meski begitu, walaupun mereka berbeda tapi itulah keunikan mereka, mereka tetap keluarga besar Indonesia meskipun saat ini keberadaannya masih tetap misterius.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.