Ads Top

Waduh! 4 Jenis Obat Ini Bisa Menurunkan Gairah Bercinta



Banyak faktor yang menyebabkan turunnya libido alias gairah bercinta pada pria maupun wanita. Selain karena aktivitas kerja yang menguras tenaga, bisa juga disebabkan pola makan dan pola hidup tidak sehat.


Kondisi psikologi seseorang juga sangat memengaruhi, seperti stres dan depresi. Tak hanya itu, turunnya gairah bercinta juga bisa disebabkan oleh efek samping dari mengonsumsi obat-obatan. Diolah dari berbagai sumber, setidaknya didapati 5 jenis obat yang diketahui memiliki efek samping berupa penurunan libido atau gairah bercinta. Ini ulasannya.


1. Obat tekanan darah tinggi


Tak sedikit orang yang mengalami gangguan seks ketika secara berangsung-angsur mengonsumsi obat-obatan untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi. Obat-obatan itu, antara lain, diuretik, beta blockers, ACE inhibitor, angiotensin-receptor blocker, dan calcium-channel blockers.


Bila dikonsumsi secara terus-menurus, secara signifikan akan memengaruhi gairah seks. Bahkan, bisa sampai menyebabkan disfungsi ereksi. Tapi, sebaiknya jangan langsung menghentikan mengonsumsi obat-obatan tersebut. Konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan solusi.


2. Pil kontrasepsi


Pil KB


Banyak wanita yang mengeluh gairah seksualnya menurun setelah mengonsumsi pil kontrasepsi. Pil kontrasepsi mengandung hormon yang berfungsi untuk menekan ovulasi dan menghentikan sel telur untuk dilepas dari indung telur. Perubahan hormon inilah yang disinyalir menyebabkan gairah seks pada wanita menjadi berkurang. Varian kontrasepsi tak cuma pil.


Konsultasikan pada dokter atau bidan, alat kontrasepsi apa yang paling cocok dengan kondisi fisik dan psikologi Anda.


3. Obat antidepresan


Tak sedikit orang yang mengalami penurunan gairah seks setelah mengonsumsi obat antidepresan secara terus menerus. Tapi, bukan berarti semua jenis obat antidepresan berpotensi menggangu kehidupan seks.


Menjadi langkah bijak, bila Anda lebih dulu berkonsultasi pada dokter sebelum meminum obat-obatan antidepresan. Harapannya, Anda bisa mendapatkan solusi yang terbaik untuk sembuh dan tetap memilik kehidupan seks yang menyenangkan.


4. Obat batuk dan pereda reaksi alergi


Antihistamin yang biasanya terdapat pada obat batuk dan pereda reaksi altergi rupaya memiliki efek samping berupa penurunan produksi hormon testosteron. Akibatnya, gairah seks pun akan mengalami gangguan. Meski begitu, efek sampingnya hanya berlaku sementara. Setelah konsumsinya dihentikan, umumnya produksi hormon testosteron akan kembali normal.


Nah, itulah 4 jenis obat yang bisa menurunkan gairah bercinta. Oleh sebab itu, menjadi hal yang penting untuk mengonsultasikannya pada dokter berkait obat-obatan yang Anda minum.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.