Ads Top

Unik! Gedung 5 Lantai di China Memiliki Jalan di Atapnya


Chongqing-building-750x500


Foto bangunan bertingkat 5 di kota Chongqing di China telah menjadi viral di media sosial, karena fakta sederhana bahwa bangunan tersebut memiliki atap datar yang juga berfungsi ganda sebagai jalan yang benar-benar dikendarai mobil.


Sebelum kita membahas detail tentang keunikan arsitektur ini, perlu disebutkan bahwa Chongqing memiliki reputasi untuk arsitektur dan infrastruktur yang tidak biasa. Daerahnya terutama terdiri dari lereng bukit, dan kurangnya ruang bangunan datar ini pada dasarnya memaksa para arsitek dan perencana kota berpikir di luar nalar untuk menghasilkan solusi yang layak. Beberapa kreasi mereka yang paling terkenal termasuk persimpangan jalan yang luas dengan 15 jalur yang menuju 8 arah yang berbeda, jembatan pejalan kaki 13 lantai dan gedung apartemen terkenal di dunia yang memiliki kereta yang melintasinya.


Chongqing-building2-750x500


Tambahan terbaru dari arsitektur unik Chongqing adalah bangunan bertingkat 5 dengan atap bertingkat yang berfungsi ganda sebagai jalur umum satu jalur. Foto-foto pemandangan yang tidak biasa pertama kali diposting di Weibo, versi Twitter di China, dan dengan cepat menjadi viral, dengan banyak netizen yang bercanda bahwa hal seperti itu hanya bisa dibangun di China. Mereka mungkin benar tentang itu, namun penyelidikan jurnalistik berikutnya mengungkapkan bahwa jalan atap sebenarnya memiliki penjelasan yang sangat praktis.


Surat kabar Beijing Youth Daily mengunjungi bangunan unik tersebut dan berbicara dengan petugas keamanan di sana, yang mengatakan bahwa jalan tersebut diciptakan untuk membantu penduduk mencapai rumah mereka dengan lebih mudah. Gedung berlantai 5 ini dibangun di sisi bukit dan sebenarnya parkir dalam ruangan dari kompleks apartemen lebih tinggi di sisi bukit. Tanpa jalan, warga harus naik lift atau berjalan kaki dari permukaan jalan, di dasar bukit sampai ke gedung apartemen. Dengan cara ini, mereka bisa mengemudikan mobil mereka sampai ke bangunan tempat tinggal dan membiarkan mobil mereka diparkir di sana.


Chongqing-building3-750x500


Dan, sementara jendela mungkin membodohimu untuk berpikir bahwa ada orang-orang yang tinggal di gedung berlantai 5 ini, ternyata keempat lantai atasnya merupakan tempat parkir dalam ruangan, sementara permukaan tanah diambil oleh berbagai toko. Plus, atapnya dilengkapi dengan bahan reduksi kebisingan, sehingga hampir tidak ada suara mobil yang melaju melewatinya.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.