Ads Top

Ternyata Mengkonsumsi Garam Berlebihan Itu Tak Baik, Begini Penjelasannya


Garam adalah salah satu komoditi dan bumbu masak yang wajib ada di semua dapur Indonesia bahkan dunia. Saking dianggap pentingnya bumbu perasa ini, sampai-sampai orang tak merasa makan jika tak menambah sedikit garam dalam setiap sajian makanan.


ilustrasi via foto Vinepair / Thinkstock

Garam memang dibutuhan sebagai asupan tubuh kita. Tubuh manusia setidaknya butuh 200 mg sodium, atau setara dengan 5 gram garam setiap harinya. Data Fox News yang dilansir (17/04/2107 ), menyebut bahwa lembaga pemerhati kesehatan jantung, American Heart Association menunjukkan rata-rata warga Amerika mengkonsumi 3.436 mg sodium tiap harinya.


Kondisi perilaku konsumsi garam berlebihan diatas, tentu sangat rentan mengancam kesehatan. Ada takaran yang wajib diperhatikan dalam setiap porsi makanan yang dimasak atau disajikan. Pakar menyebut, terlalu berlebihan mengkonsumsi garam, dapat memicu gagal jantung. Menyeramkan bukan?


Para ilmuwan di negara Finlandia beberapa waktu yang lalu melakukan penelitian terhadap perilaku berlebihan dalam mengkonsumsi garam. Para ilmuwan tersebut melakukan penelitian terhadap lebih dari 400 orang dewasa dengan membandingkan kebiasaan makan mereka terhadap masalah kesehatan jantung. Hasil penelitian itu sungguh mengejutkan.


Ilustrasi via getty images

Dilansir dari telegraph.co.uk (27/08/2017), para ilmuwan Finlandia menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi garam 110 persen lebih banyak dari konsumsi yang dianjurkan tiap harinya, lebih beresiko terkena serangan jantung kronis. Hal itulah menjadi salah satu penyebab penyakit utama yang membunuh banyak warga Inggris dan Eropa.


Asupan garam yang terlampau berlebihan, bisa meningkatkan resiko serangan dan gagal jantung, Ungkap salah satu pakar peneliti Profesor Pekka Jousilahti, dari Institut Kesehatan dan Kesejahteraan Nasional di Helsinki, Finlandia.


Profesor Pekka kembali menyebut, Gagal jantung adalah penyebab utama pasien rumah sakit di kalangan pensiunan. Lebih dari setengah juta orang Inggris menderita gagal jantung. Sekitar setengah dari pasien tersebut meninggal dunia dalam lima tahun diagnosis.


Nah jadi cukup berbahaya bukan jika anda mengkonsumsi garam secara berlebihan? Terkadang gaya hidup dan perilaku konsumsi garam orang Indonesia juga sangat mengkhawatirkan lho. Semisal makan bakso, atau jajanan tepi jalan lainnya, kalau kurang asin, pasti ditambahkan garam. Padahal makanan yang dimasak di rumah juga telah diberi garam. Bingung kan?


 


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.