Ads Top

Rasulullah Selalu Sehat, Begini Pola Makannya


Menjaga pola makan adalah faktor yang sangat penting untuk kesehatan. Banyak penyakit yang timbul karena manusia tidak bisa menjaga pola makan.


Dalam Islam, menjaga pola makan telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Karena bisa menjaga pola makan, Rasulullah selalu sehat.


20171113174833


Sepanjang hidupnya (Rasulullah wafat pada usia 63 tahun), Rasulullah hanya mengalami sakit tiga kali. Itu pun sakit ringan.


Rasulullah membagi pola makan menjadi 3 tingkatan, yaitu:


1. Tingkat Kebutuhan


Rasulullah berkata, Cukuplah bagi manusia untuk makan beberapa suap saja sekadar untuk menegakkan tulang rusuknya. Namun, seandainya tidak bisa menahan diri untuk mengkonsumsi makanan lebih, maka manusia berpindah ke tingkatan berikutnya.


2. Tingkat Cukup


Rasulullah menganjurkan umatnya untuk mengisi sepertiga perutnya dengan makanan, sepertiga dengan minuman, dan sepertiga lagi untuk bernapas. Karena kapasitas perut terbatas, akan berakibat buruk jika seluruhnya diisi dengan makanan sehingga tidak ada lagi ruang untuk minuman dan bernapas.


3. Tingkat Berlebihan


Inilah tingkatan yang membahayakan kesehatan. Jika seseorang selalu makan pada tingkatan ini, maka ia akan mengalami obesitas yang berisiko hipertensi, diabetes, serangan jantung, bahkan stroke. Inilah yang banyak dialami manusia di zaman sekarang.


Dalam kesehariannya, Rasulullah menerapkan pola makan pada tingkat kebutuhan. Jarang sekali pada tingkat cukup dan tidak pernah pada tingkat berlebihan. Inilah kunci kesehatan beliau.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.