Ads Top

Pernah dengar Bayi Perempuan Disunat Di Suku Ini Semua Gadis Pernah Disunat


Memiliki seorang bayi entah perempuan ataupun laki-laki pasti menjadi dambaan setiap keluarga di dunia ini.


Terkadang muncul keinginan memiliki seorang bayi perempuan pada seorang ibu. Ini karena mereka belum memiliki anak perempuan atau merasa ingin memiliki buah hati yang sejenis agar bisa menjadi teman yang sempurna untuk ibunya saat dewasa nanti.


Biasanya seorang ibu sangat senang mengexpresikan hal-hal lucu untuk sang buah hati yang cantik dan spesial ini. Mulai dari tatanan rambut yang dihiasi pita sampai cara berdandan atau berpakaian layaknya sang putri di negeri dongeng.


Namun terlepas dari itu semua pernahkah kalian mendengar bayi perempuan menjalani khitan atau disunat?


Saat membaca pertanyaan ini pasti terbesit di benak kalian tidak mungkin seorang ibu tega membiarkan princess cantiknya dikhitan atau sunat.


IMG_20170925_190039


Dan yah.., tidak hanya anak laki-laki ternyata yang menjalani tradisi khitan tapi di daerah ini, daerah perbatasan Sumatera Selatan dan Bengkulu para anak perempuan juga menjalani tradisi khitan tersebut.


Di suku Jawa akan jarang sekali ditemukan anak perempuan yang disunat tapi di suku Pasemah adat khitan untuk anak perempuan sudah dilakukan secara turun temurun.


IMG_20170925_185927


Suku Pasemah menyebut tradisi khitan dengan nama kayak upik dan bakayekan. Disebut kayak upik jika yang disunat masih bayi dan disebut bakayekan jika yang disunat sudah berusia 4-7 tahun.


Sebelum ibunya membiarkan sang buah hati disunat, mereka akan didandani seperti pengantin dengan menggunakan baju adat. Setelah itu diarak menuju sungai untuk dimandikan. Barulah setelah itu sang anak perempuan tersebut di sunat.


Jangan tanyakan bagian mananya yang disunat ya, tentu bagian yang disunat sangat kecil. Bagian kecil yang dipotong tersebut kemudian akan dikubur di  bawah pohon kelapa. Dengan ini diharapkan jika sudah dewasa nanti sang gadis bisa tumbuh dan hidup menyesuaikan diri dimana saja di tengah masyarakat seperti pohon kelapa.


Wow, extream nggak sih menurut kalian?


Sebenarnya tradisi khitan untuk anak perempuan di masing-masing daerah di Indonesia bermacam-macam cara dan penyebutannya.


Di Gorontalo sunatan untuk anak perempuan di sebut molubingo. Nah di masyarakat suku Bugis disebut makkatte.


Well.., berencana mengkhitan gadis kamu nanti girls?


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.