Ads Top

Ketahui Jadwal Aman Minum Kopi Agar Tidak Menganggu Pencernaan


Img: Pexels

Ternyata mengonsumsi kopi ada jadwal amannya loh! Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan dari gangguan pencernaan yang dapat berpotensi bagi siapa saja yang minum kopi pada jam-jam yang kurang direkomendasikan oleh pakar sains.


Dilansir dari Instagram @indozonehealth, salah satu hormon yang diproduksi oleh tubuh adalah kortisol, yaitu sistem yang mengontrol bagaimana kamu terjaga. Menurut ilmu sains, dikutip dari Times of India, seseorang tidak dianjurkan minum kopi atau yang mengandung kafein lainnya saat masa produksi kortisol tinggi ini.


Jika seseorang nekat minum pada jam produksi kortisol, maka tubuh akan mengurangi daya resistensi terhadap efek kafein. Agar kita dapat tetap aman, berikut adalah waktu yang tepat untuk minum kopi:


1. Bangun tidur pada jam 07.00 sampai 09.00 pagi, kortisol turun sekitar jam 09.30.
2. Bangun tidur jam 12.00 siang, kortisol turun jam 13.00 siang. Tingkat kortisol terus menurun dibandingkan pada pagi hari.
3. Bangun tidur pada jam 18:00, kortisol turun jam 19.00. Penurunan kortisol mengikuti pola tidur normal.


Jadi kesimpulannya, jam ideal untuk minum kopi dapat dilakukan jam 09.30 11.30, dari jam 13.30 17.30, atau setelah jam 19.00 malam.


Yeay, sekarang kita dapat minum kopi dengan aman tanpa harus takut menganggu pencernaan, eitss, tapi jangan berlebihan juga ya mengonsumsinya. Selamat minum kopi dengan ceria, kawan!


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.