Ads Top

Inilah Penyebab Gagal Ginjal yang Perlu Diwaspadai


penyebab gagal ginjal


Bagaimana jika sampai ginjal di tubuh mengalami penurunan fungsi..? Tentu akan berdampak pada permasalahan ginjal, yang merupakan gangguan serius dan tak bisa diremehkan begitu saja. Baik mengalami gagal ginjal akut maupun kronis, semuanya itu harus segera mendapat penanggulangan secara tepat. Berbagai jenis pengobatan bisa dilakukan sebagai langkah penanganan gagal ginjal ini.


Namun sebelumnya perlu Anda tahu, bahwa menjaga kesehatan fungsi ginjal sejak dini memang sebuah keharusan yang perlu diterapkan. Selain itu, ada beberapa hal yang tak diduga kerap menyebabkan gagal ginjal, atau organ ginjal mengalami penurunan fungsi. Sehingga mewaspadai akan penyebab tersebut merupakan cara terbaik yang bisa Anda lakukan.


Berikut beberapa penyebab yang bisa menjadikan tubuh mengalami penyakit gagal ginjal :


1. Mengalami penyumbatan pembuluh darah


Dalam jangka pendek maupun panjang, jika sampai pembuluh darah mengalami penyumbatan, maka organ ginjal pun tidak bisa bekerja secara maksimal. Bahkan akan bisa berdampak pada gangguan fungsi ginjal, dan menjadikan organ penting ini kehilangan kinerja untuk menyaring racun dalam tubuh. Karena ketika ginjal melakukan perannya, tentu saja membutuhkan aliran darah ke ginjal. Sehingga ketidaklancaran aliran darah inilah yang menjadi pemicu penyakit gagal ginjal.


2. Tersumbatnya saluran kemih


Mengalami penyumbatan di saluran kandung kemih, memang kerap memicu munculnya penyakit gagal ginjal. Hal demikian karena terjadinya penyumbatan semacam ini, akan membuat aliran urin bisa berbalik arah ke ginjal. Bahkan jika sampai timbulnya tekanan tersebut begitu kencang, maka dapat merusak fungsi organ ginjal. Oleh karena itu, jika saluran kemih terdapat gumpalan yang menyumbat seperti kasus batu ginjal, maka harus segera mendapatkan penanganan, sebelum nantinya menjalar pada permasalahan lebih kronis.


3. Terkurasnya jumlah darah dalam tubuh


Jumlah darah yang berkurang, baik itu karena kecelakaan maupun pendarahan hebat lainnya, bisa juga menjadi penyebab terganggunya fungsi ginjal. Kondisi yang semacam ini juga kerap disebut dengan Hipovolemia. Sehingga pasien yang mengalami hal tersebut, harus segera ditangani melalui bantuan medis.


4. Kekurangan cairan dalam tubuh ( dehidrasi )


Tak hanya mengganggu kesehatan kulit saja jika tubuh mengalami dehidrasi. Akan tetapi juga bisa menurunkan fungsi ginjal. Baik itu karena tubuh terlalu banyak mengeluarkan keringat, muntah maupun demam yang menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Yang mana kondisi seperti itu akan menghambat kinerja ginjal saat melakukan proses sekresi. Bahkan hal tersebut dapat memicu timbulnya gagal ginjal.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.