Ads Top

Ini 3 Fakta Perang Dunia yang Jarang Diketahui


Perang jelas tak menghasilkan apa-apa, selain dendam, darah, penderitaan dan air mata. Sejarah mencatatkan, beberapa perang besar yang pernah terjadi. Perang Dunia I dan II, disebut sebagai perang paling kelam dalam sejarah manusia modern. Jauh sebelum itu, dunia juga tak pernah sepi dari tragedi perang. Pun sampai detik ini, di beberapa belahan dunia, kecamuk perang masih berlangsung. Di Suriah misalnya.


Banyak kisah, banyak pula tragedi terjadi dalam perang. Berikut sederet fakta sejarah yang terjadi dalam sebuah peperangan.


1. Terpaksa makan daging kuda


Sumber foto: wallieland.blogspot.co.id

Pada 1870-an, meletus perang antara Perancis dan Prusia. Akibat kecamuk perang, rakyat Perancis pun banyak menderita. Mereka dipaksa makan daging kuda, akibat daging sapi yang langka karena perang.


2. Inggris diuntungkan oleh laut


Sumber foto: Lasdipo.co

Pada saat perang dunia II, Jerman di bawah Hitler menjadi momok menakutkan. Agresi militer Jerman, sukses menguasai sebagian besar wilayah Eropa. Bahkan Denmark misalnya, lewat operasi Weserubung, ditaklukan dengan teramat mudah. Tapi, ada satu negara di Eropa yang tak bisa ditekuk. Negara tersebut adalah Inggris.


Ya, Inggris memang menjadi salah satu negara yang tak bisa ditaklukkan Jerman, hingga Nazi runtuh. Ternyata ini penyebab Jerman dibawah Hitler sulit menaklukan Inggris.


Penyebabnya karena ada lautan yang membatasi Jerman dan Inggris. Menurut beberapa ahli perang dan sejarah, andai tak ada lautan, 99 persen Inggris bisa ditekuk Jerman.


3. Menyerang tanpa radar


Sumber foto: Britannica.com

Serangan Jepang yang tiba-tiba ke Pearl Harbor, menandai keterlibatan Amerika Serikat untuk ikut masuk medan laga perang dunia II. Awalnya, Amerika jadi negara netral. Tapi karena serangan itu, Amerika pun akhirnya masuk gelanggang perang.


Nah ada fakta menarik dari serangan angkatan udara Jepang ke Pearl Harbor. Rupanya serangan yang dilancarkan pesawat pesawat kamikaze Jepang ke Pearl Harbor tak menggunakan radar. Salah sasarankah Jepang? Entahlah, tapi serangan itu akibatnya fatal bagi Negeri matahari terbit tersebut. Mereka harus membayarnya dengan luluh lantak Hiroshima dan Nagasaki yang di bom atom oleh Amerika.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.