Ads Top

Hati-hati Saat Kerokan, Bisa Menyebabkan Penyakit Ini


1516513415-picsay


Sebuah kebiasaan masyarakat Indonesia yang dikenal dengan istilah Kerokan, masih terus bertahan meski ditengah pesatnya kemajuan zaman, karena menurut mayarakat, metode pengobatan tradisional alternatif ini dinilai cukup efektif.


Umumnya, aktivitas ini dilakukan ketika tubuh terasa tidak nyaman, masuk angin, sakit leher, sampai dengan gejala migrain. Menurut mereka kerokan, cukup berhasil membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik.
Metode pengobatan ini biasanya menggunakan uang logam atau benda pipih lainnya, yang ditorehkan di permukaan kulit sampai terlihat memar dan berwarna kemerahan.


Namun, dibalik rasa nyaman yang timbul setelah menjalani aktivitas kerokan, para ahli kesehatan mengungkap beberapa efek samping yang terjadi akibat kegiatan kerokan ini.


Seperti kerokan di bagian leher bisa menimbulkan epiglotitis atau radang tenggorokan akut. Meski kasus ini terhitung jarang terjadi, namun patut kita hindari.


Selain itu sebuah kerokan yang baik dan benar, semestinya tidak menimbulkan rasa sakit, walaupun terlihat memar, yang disebab melebarnya pembuluh darah kapiler yang ada dipermukaan kulit.


Hal yang perlu diperhatikan saat kerokan, ialah media yang digunakan untuk menggosok permukaan kulit, pastikan uang logam atau alat kerokan benar benar bersih, supaya tidak terkontaminasi kuman, yang bisa berdampak beberapa penyakit tertentu.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.