Ads Top

Bolehkah Makanan Sisa Dipanaskan dan Dikonsumsi Lagi Berikut Ini Penjelasannya


Ilustrasi. Sumber foto: tribunnews.com/lifestyle

Hello guys, berjumpa lagi dengan gue, Cesar, disini. Kali ini gue mau membahas tentang makanan sisa nih. Nah, ngomongin soal makanan sisa, pernahkah kamu bertanya, Boleh enggak sih makanan sisa itu dipanasin lagi untuk disantap?


Memang, secara umum, makanan yang baik dan sehat adalah makanan yang segar. Demikian juga sama halnya dengan hidangan yang sudah dimasak tapi masih punya sisa. Sebaiknya, makanan sisa tersebut tidak dipanaskan kembali untuk disantap keesokannya. Jadi, intinya, jawaban untuk pertanyaan gue yang tadi adalah tidak boleh ya guys.


Namun, bukannya asal tidak boleh aja nih guys. Ternyata, memanaskan makanan sisa tersebut diperbolehkan asalkan mengikuti beberapa aturan. Nah, berikut ini beberapa aturan tersebut yang berhasil gue rangkum.


1. Perhatikan Suhunya


Nah, aturan yang pertama adalah saat kamu memanaskan makanan tersebut, perhatikan suhunya. Suhu yang dianjurkan untuk memanaskan kembali makanan sisa adalah 75 derajat Celcius. Jadi, kalau kalian ingin memanaskan makanan sisa, sebaiknya kalian menggunakan termometer khusus masakan. Dan, ukurlah suhunya pada bagian tengah wajan atau panci yang digunakan untuk memasak.


2. Lama Menyimpan Makanan


Aturan yang kedua adalah perhatikan berapa lama kamu telah menyimpan makanan sisa tersebut di dalam kulkas. Makanan yang disimpan di kulkas paling lama adalah 2 atau 3 hari. Lebih dari itu, bisa dikategorikan makanan tersebut telah buruk kondisinya. Terlebih lagi, suhu kulkas kamu juga harus 5 derajat Celcius, tidak boleh kurang juga tidak boleh lebih.


3. Bukan untuk Sembarang Orang


Aturan yang selanjutnya adalah makanan sisa tersebut bukan untuk sembarang orang. Maksudnya adalah makanan yang boleh dipanaskan setelah disimpan 2 atau 3 hari di kulkas itu tidak boleh dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil, orang tua, ataupun orang yang sedang sakit, terutama sakit parah (red; kanker misalnya, bisa mampus lu entar, hehehe)


4. Aduk Makanan


Nah, aturan yang terakhir adalah kamu harus mengaduk makanannya. Artinya, jika kamu sedang memanaskan makanan, maka bukan berarti kamu bisa meninggalkannya begitu saja di atas kompor hingga makanan itu panas. Kamu juga harus mengaduk-aduk makanan itu supaya panasnya merata.


Nah, itulah beberapa aturan mengenai cara memanaskan makanan sisa kamu yang tersimpan di kulkas. So, mulai sekarang, jangan sembarangan ya untuk memanaskan makanan sisa, salah salah bukannya sehat nanti kamu malah jadi sakit. Okey, thats all from me. See you on the next article, bye-bye!


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.