Ads Top

Alzheimer, Penyakit Tanpa Obat Namun Bisa Dicegah


Sumber: vrroom.buzz

Alzheimer adalah salah satu jenis dari dementia (pikun) yang menyebabkan permasalahan terhadap kemampuan daya ingat, berfikit, dan perilaku seseorang akibat gangguan dalam otak yang sifatnya progresif (Perlahan). Gejalanya berkembang secara perlahan dan semakin buruk setiap waktunya dan cukup mengganggu aktifitas harian.


Penderita Alzheimer biasanya di derita pasien usia lanjut. Penyakit ini disebabkan oleh kematian  beberapa sel otak yang menyebabkan volume otak pada penderita Alzheimer berkurang.


sumber: strongfigure.com

Perubahan volume otak pada penderita hanya bisa diperiksa dengan menggunakan CT  Scan atau MRI. Namun tidak sulit untuk mendiagnosa gejalanya. Ada beberapa gejala yang diperlihatkan oleh penderita Alzheimer:


1. Pertama adalah meningkatnya hal yang dilupakan atau kebingungan ringan.
2. Kesulitan berbicara atau menuangkan sesuatu dalam bahasa hingga kesulitan membuat keputusan.
3. Gangguan dalam melakukan hal rutin dan sering terlihat bingung.
4. Sering tersesat ditempat yang tidak asing.
5. Terjadi perubahan kepribadian dan mudah curiga.
6. Tahap terparah adalah ketika penderita menjadi delusional dan sering berhalusinasi. Dan ditahap akhir penderita akan menjadi susah bergerak tanpa bantuan orang lain.


Sampai saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit Alzheimer. Perawatannya hanya untuk memperlambat perkembangan gejalanya.


sumber: livestrong.com

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tinggi resiko untuk terkena Alzheimer antara lain, usia, sejarah keluarga/genetik, jenis kelamin (Perempuan memiliki resiko lebih tinggi), trauma atau benturan pada kepala, dan pola hidup serta kesehatan jantung.


Seperti yang terlansirir dalam mayoclinic.org bahwa ada hubungan antara penyakit jantung dan Alzheimer. Penderita Alzheimer cenderung kurang olahraga, obesitas, tinggi tekanan darah, dan kolesterol, serta memiliki pola diet yang buruk dimana kurang mengkonsumsi buah dan sayur.


sumber: strongfigure.com

Alzheimer memang tidak bisa disembuhkan tapi bisa dicegah dengan pola hidup sehat yaitu mengurangi resiko penyakit jantung dengan berolahraga teratur, diet yang sehat, menjaga berat badan, mengurangi minuman beralkohol dan tidak merokok.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.