Ads Top

5 Fakta Tentang Tidur yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, No. 5 Bikin Kaget!


009620000_1425467723-Tukang_tidur_profesional_1


Tidur tentu merupakan hal yang familiar bagi semua orang, bahkan tidur biasa disebut sebagai hobi bagi beberapa orang. Namun tampaknya ada beberapa hal yang jarang diketahui oleh orang mengenai tidur, nih!


Berikut adalah fakta mengenai tidur yang mungkin belum kamu ketahui.


1. Guiness World Record tak mengakui rekor tidak tidur terlama


Salah satu rekor dunia yang berkaitan dengan tidur adalah berapa lama seorang bisa terjaga dari tidur. Rekor terlama hingga saat ini dipegang oleh Rand Gardner, pria asal Amerika yang tak tidur selama 264 jam di tahun 2964. Sejak saat itu, rekor tersebut telah dipecahkan berkali-kali namun rekor milik Gardner dianggap paling sah karena telah diverifikasi dan dipantau oleh ahli kesehatan.


Dan sejak tahun 1998, Guiness World tak lagi mendukung pembuatan rekor tanpa tidur ini. Karena selain sulit untuk mengukur dan mengesahkan, rekor ini beresiko tinggi untuk kesehatan.


2. Membangunkan orang yang berjalan saat tidur hanya mitos


Beberapa kepercayaan menyatakan bahwa membangunkan orang yang berjalan sambil tidur atau sleepwalking itu berbahaya. Kelainan berjalan sambil tidur memang bisa berbahaya, tetapi pada orang yang mengalaminya saja.


Kendati seperti itu, membangunkan orang yang berjalan sambil tidur bukan hal yang mudah. Untuk itu biasanya para ahli menyarankan untuk tidak membangunkannya dan lebih baik menuntun kembali ke tempat tidur.


3. Beberapa orang memiliki ketakutan untuk tidur


Percaya atau tidak, beberapa orang memang takut untuk tidur. Kelainan ini disebut Clinophobia atau Somniphobia. Orang yang memiliki fobia ini biasanya sangat takut untuk tidur karena mereka khawatir dengan apa yang bisa terjadi pada diri mereka selama tidur. Seperti mereka takut bermimpi buruk atau bahkan mengompol saat tidur.


4. Ternyata tubuh sudah memiliki alarm sendiri


Kamu pasti pernah terbangun sebelum alarm berbunyi kan? jika iya, maka kamu telah dibantu oleh hormon bernama adrenocorticotropin. Hormon ini berfungsi sebagai alarm alami bagi manusia yang biasanya diproduksi dan dilepaskan beberapa jam sebelum waktu bangun.


Para ahli percaya bahwa hormon ini dilepaskan untuk menghindari stres akibat bangun tidur. Dan tentu hormon ini bisa dikendalikan oleh manusia, namun kebanyakan tak memahami dan menyadari hormon tersebut.


5. Tak tidur empat hari akan membuat orang hampir gila


Jika orang tak tidur selama 4 hari berturut-turut, maka mereka akan mulai berhalusinasi. Hal ini dibuktikan sendiri oleh pemegang rekor dunia tanpa tidur Randy Gardner. Setelah empat hari tak tidur, Gardner mulai berhalusinasi dan berpikir bahwa dirinya merupakan Paul Lowe, seorang pemain football.


Halusinasi ini bisa membuat orang terlihat gila. Pria Inggris bernama Tony Wright yang melakukan tantangan tak tidur selama 11 hari di tahun 2007 mengaku dia mulai berhalusinasi di hari kelima. Pada hari itu dia mulai melihat peri-peri kecil tertawa di layar komputernya.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.