Ads Top

Waspada, Ini Tanda Smartphone Terjangkit Malware


images(2)


Virus atau malware saat ini bukan hanya menyerang komputer PC atau laptop saja, melainkan smartphone Android juga terinfeksi. Seperti yang baru-baru ini terjadi virus yang menyerang Android yaitu Loapi namanya.


Salah satu cara malware masuk ke Android yaitu dengan mengunduh file APK /aplikasi dari pihak ketiga, atau bahkan aplikasi di Google Play Store juga bisa, karena kemungkinan besar sudah disusupi oleh malware.


Lalu apa tanda-tandanya smartphone Android terkena malware? Nah berikut ini tandanya Android terjangkit virus/malware, seperti dilansir dari Make Use Of.


# Smartphone Lemot


Apabila kinerja smartphone Android menjadi lemot atau lambat dan parahnya lagi sering hang padahal baru beli, dan sudah me-reboot namun tetap saja lemot, kemungkinan besar smartphone tersebut terjangkit malware.


# Kuota Internet Berkurang Banyak


Jika merasa kuota internet cepat habis padahal penggunaan tidak berlebihan, kemungkinan besar smartphone terserang malware. Ada beberapa kemungkinan kenapa kuota internet cepat habis.


Yang pertama biasanya malware mengumpulkan data pribadi seperti kontak, akun perbankan, nomor kartu kredit dan lain sebagainya. Setelah memperoleh data tersebut, malware kemudian mentransfernya ke si penyebar malware dan transfer tersebut menggunakan kuota internet di smartphone Anda.


Atau kemungkinan kedua yaitu malware yang ada di smartphone mengontrol sistem dengan membuka halaman-halaman yang isinya iklan tidak jelas.


# Baterai Cepat Habis


Sebaiknya Anda curiga jika baterai smartphone cepat habis, padahal hanya memakai aplikasi ringan. Smartphone yang ada malware-nya akan terus bekerja tanpa henti, tujuannya untuk mengambil data sehingga tanpa disadari baterai cepat boros karena malware tersebut bekerja sembunyi-sembunyi di background.


# Panggilan Sering Terputus


Tanda yang terakhir smarthpone terkena malware mempengaruhi panggilan telpon keluar atau masuk cirinya yaitu saat menerima atau menelpon tiba-tiba telpon putus.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.