loading...

Langka, Korut Serukan Semua Warganya Berdamai dengan Korsel

kim jong un. AP Photo

Dalam sebuah kesempatan langka, Korea Utara mengumumkan sebuah pernyataan bagi seluruh warga Korea baik di dalam maupun di luar negeri. Korut menyerukan sebuah 'terobosan' untuk mempersatukan Korea dari kedua sisi Zona Demiliterisasi.

Pesan yang disampaikan melalui media pemerintah Korut itu mengelaborasi bahwa semua warga Korut dan Korea Selatan harus sering melakukan kontak, perjalanan, kerja sama, dan berbagai macam pertukaran lain secara luas untuk menghilangkan kesalahpahaman dan ketidakpercayaan satu sama lain selama ini.

"Mari kita melakukan dorongan energik untuk meredakan ketegangan militer yang berlarut-larut dan menciptakan iklim damai di Semenanjung Korea. Kami yakin bisa 'menghancurkan' semua tantangan agar bangsa bisa disatukan kembali," demikian pernyataan media tersebut, dikutip dari laman Sputnik News, Kamis (25/1).

Pengumuman itu dibuat setelah delegasi pemerintah, partai politik dan organisasi Korut dan Korsel menggelar pertemuan. Hal itu mendorong warga Korea untuk memperbaiki hubungan satu sama lain.

Pernyataan damai itu juga disampaikan menyusul kesepakatan baru-baru ini yang dibuat Korut dan Korsel. Kedua negara sepakat untuk berada di bawah satu bendera pada upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin yang digelar di Pyeongchang Korsel pada 9 Februari mendatang.

Selain itu, kedua negara juga sepakat untuk membentuk tim gabungan hoki es putri dalam ajang olahraga tersebut. Atlet dari masing-masing negara juga berlatih bersama di mana Korut dan Korsel sama-sama menjadi tuan rumahnya.

Harapan damai ini juga turut disampaikan oleh Duta Besar Korea Utara untuk Indonesia Cho Tae-young. Dia berharap keikutsertaan Korut dalam olimpiade ini bisa menjadi alasan perdamaian antara kedua negara.

"Korea Selatan memiliki keinginan bahwa olimpiade ini tidak hanya menjadi pesta bagi warga dunia internasional, tetapi juga menjadi ajang yang bisa membawa kedamaian," ujar Dubes Cho saat menggelar konferensi pers di Kedutaan Besar Republik Korea, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, kemarin.

Related Posts

", numPosts: 4, summaryLength: 370, titleLength: "auto", thumbnailSize: 250, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w250-h250-c/no-image.png", containerId: "related-post-3630934634621474167", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel