Ads Top

Jelang Idul Adha, 4 Langkah Ini Cara Memilih Hewan Qurban yang Baik


sapi qurbanHari raya Idul Adha yang jatuh pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah merupakan hari raya yang identik dengan penyembelihan hewan qurban setelah menunaikan shalat Ied. Secara umum hewan yang akan dijadikan qurban haruslah halal dan sehat, namun dengan banyaknya penjual hewan qurban musiman, tentu membuat kita sebagai orang awam bingung memilih hewan qurban yang sah dan sehat.


Berikut 4 langkah cara memilih hewan qurban yang baik menurut ajaran Islam.


1. Usia Hewan Qurban


Hewan yang memenuhi syarat untuk dikorbankan adalah hewan yang telah cukup usia. Untuk hewan kambing dan domba telah berusia 12-18 bulan sedangkan sapi dan kerbau minimal berusia 22 bulan. Cara mengetahui usia hewan qurban adalah melalui catatan kelahiran ternak yang dimiliki pemilik. Cara lain yang bisa dilakukan dengan metode cek gigi hewan qurban. Bila hewan qurban (kambing dan domba) telah tanggal dua gigi depannya, maka hewan tersebut (kambing dan domba) telah berusia 12-18 bulan. Sedangkan untuk hewan sapi dan kerbau telah berusia 22 bulan.


2. Hewan Qurban Tidak Mengalami Cacat


Hewan yang dijadikan untuk berqurban harus sehat,  tidak boleh terlalu kurus ataupun mengalami cacat misalnya buta, pincang dan penyakit lainnya yang membuat hewan tidak berdaya.


3. Memiliki Nafsu Makan Yang Baik


Kesehatan dari hewan qurban juga harus diperhatikan, pastikan hewan qurban memiliki nafsu makan yang baik, lincah, mata bersinar dan bulu tidak kusam. Lebih baik lagi bila anda menanyakan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebelum membelinya.


4. Perhatikan Setiap Organ Tubuh Hewan Qurban


Sebelum membeli hewan qurban, perhatikan setiap organ tubuh hewan qurban mulai dari mata dan hidung. Cari hewan yang bersih pada bagian mata, hewan yang sehat adalah hewan yang memiliki mata yang jernih. Kemudian hidung terlihat bersih dan tidak mengeluarkan cairan yang berwarna merah terang. Selain itu yang terpenting adalah proporsi tubuh hewan yang standar. Untuk sapi dan kerbau, tulang punggungnya harus relatif rata, tanduknya seimbang, keempat kakinya simetris dan postur tubuhnya ideal.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.