Ads Top

Inilah 10 Terowongan Terpanjang di Dunia yangMenembus Gunung dan Lautan


Berikut 10 terowongan karya anak manusia yang sangat menakjubkan. Terowongan ini disebut menakjubkan dan hebat, bukan hanya karena panjangnya, tapi juga letaknya yang bisa di bawah lautan. Tentu membangun itu, tak mudah. Butuh teknologi canggih untuk mewujudkannya. Terowongan apa saja itu?


Sumber foto: detik.com

1. Terowongan Simplon


Terowongan ini salah satu terowongan terpanjang di dunia. Terowongan ini, panjangnya mencapai 20.044 kilometer yang menghubungkan negara Swiss dan Italia.


2. Terowongan Apennine


Terowongan Apennine, tercatat sebagai terowongan yang juga masuk dalam 10 besar terowongan terpanjang di dunia. Panjangnya mencapai 18.618 kilometer. Terowongan ini ada di Italia.


3. Terowongan St Gothhurd


Panjang terowongan ini tak kalah menakjubkan. Panjangnya mencapai 14.990 kilometer. Lagi-lagi Swiss memang jagonya dalam urusan membangun terowongan. Sebab, St Gothhurd berada di Swiss.


4. Terowongan Lotschberg


Swiss patut disebut sebagai rajanya dalam membuat terowongan dengan panjang menakjubkan. Satu lagi terowongan terpanjang di dunia ada di Swiss, namanya terowongan Lotschberg. Panjang terowongan mencapai 14.606 kilometer.


5. Terowongan Hokuriko


Kali ini Jepang yang membuktikan diri bahwa negara di Asia pun tak kalah dengan negara Eropa dalam soal membangun terowongan panjang. Negeri Sakura juga punya terowongan panjang bernama Hokuriko yang panjangnya mencapai 13.870 kilometer.


6. Terowongan Shinshimizu


Selain punya terowongan Hokuriko, Jepang juga memiliki terowongan panjang lainnya yakni terowongan Shinshimizu. Panjang terowongan ini mencapai 13.490 kilometer.


7. Terowongan Coscade


Negara adidaya, Amerika Serikat juga tak mau kalah dalam membangun terowongan panjang ribuan kilometer. Salah satu terowongan yang dibangun negeri Paman Sam itu adalah terowongan Coscade. Panjang terowongan ini mencapai 13.170 kilometer.


8. Terowongan Gunung Cenis


Terowongan Gunung Cenis yang menghubungkan negara Perancis dan Italia ini juga masuk terowongan terpanjang di dunia. Panjangnya mencapai 12.233 kilometer.


9. Terowongan Kubiki


Jepang memang menakjubkan. Selain berhasil membangun terowongan Hokuriko dan Shinshimizu, Jepang juga sukses membuat terowongan panjang lainnya dengan panjang yang memang lebih pendek dari dua terowongan lainnya. Kubiki demikian nama rerowongan ketiga terpanjang di Jepang. Panjangnya mencapai 11.360 kilometer.


10. Terowongan Arlberg


Negara di Eropa lainnya yang juga memiliki terowongan panjang ribuan kilometer adalah Austria. Negara tersebut punya terowongan Arlberg yang panjangnya 10.270 kilometer. Kapan yah Indonesia juga punya terowongan terpanjang?


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.