Ads Top

Foto Indonesia Saat Malam Dirilis NASA, Hanya Sedikit yang Terlihat Terang


Untuk pertama kali dalam sejarah, Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) merilis foto terbaru suasana planet bumi ketika malam hari. Foto tersebut beresolusi tinggi dan direkam menggunakan satelit paling canggih bernama Suomi PP yang direkam pada 2012 lalu.


Dibantu dengan algoritma komputer paling canggih, foto yang baru dirilis April 2017 itu memberi gambaran kondisi daratan ketika malam hari di seluruh bumi. Foto tersebut diharapkan dapat membantu ilmuwan internasional untuk membuat peta pola aktivitas penduduk, permintaan energi listrik, perluasan area kota, dan jalur pelayaran.


Hasil gambar untuk foto indonesia malam hari nasa


NASA dalam pernyataannya mengatakan berkat kemajuan teknologi, lembaga itu akan mempublikasikan foto terbaru suasana bumi setiap hari mulai 2018. Sebelumnya, foto bumi pada waktu malam hati itu butuh waktu lima tahun untuk dipublikasikan.


Berkat VIIRS, kita sekarang dapat memantau perubahan permukaan bumi termasuk perang, gempa bumi, bencana dan sebagainya, kata anggota tim peneliti NASA, Miguel Roman,  di Pusat Penerbangan Antariksa Goddard.


Lebik algi, NASA melaporkan mampu memotret setiap inci dari lokasi di bumi. Meski tempat terpencil sekalipun, pemotretan dapat dilakukan sebanyak dua kali sehari dengan foto meliputi area 3.000 km. kamera VIIRS juga mampu menyisihkan cahaya malam dengan resolusi ruang 6 kali lebih baik dari resolusi cahaya dan 250 kali lebih baik dibanding satelit lama yang digunakan NASA.


Dari foto yang dirilis NASA, terdapat bagian dimana foto Indonesia juga dipublikasikan. Dalam foto di wilayah Indonesia, terlihat jelas kesenjangan pembangunan dimana pada 2012 lalu terlihat bahwa hanya beberapa daerah di luar Jawa yang terdapat cahaya jelas, selebihnya seperti di Kalimantan bagian Utara, beberapa daerah di Sumatera, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan sebagian besar Papua gelap gulita.


Tentu foto tersebut memperlihatkan bahwa pada lima tahun silam masih banyak daerah daerah di Indonesia yang belum menikmati pembangunan dari pemerintah dan pemerintah hanya memusatkan pembangunan si Pulau Jawa dan beberapa daerah di Sumatera seperti Jakarta, Surabaya, Palembang, dan kota kota besar lain.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.