Ads Top

Dapet Jatah Shift Malam Hati-hati, Kamu Bisa Terkena Resiko Berbahaya Ini


Idealnya malam hari adalah waktu yang tepat untuk beristirahat. Manfaatnya agar tubuh yang lelah setelah seharian bekerja dapat kembali bugar keesokan harinya. Tetapi masih banyak orang-orang yang menukar waktu istirahat di malam hari untuk bekerja demi menghasilkan uang.


Tahukah kamu jika kebiasaan tersebut perlahan bisa membahayakan tubuh?


8414


Peneliti Parveen Bhatti dari Fred Hutchinson Cancer Research Center menjelaskan bahwa seseorang yang bekerja shift malam mempunyai kapasitas waktu yang lebih sedikit untuk memperbaiki kerusakan DNA. Penelitian tersebut menemukan bahwa orang yang bekerja di malam hari akan mengeluarkan kadar kimiawi 8-OH-dG lebih rendah. Padahal zat tersebut mempunyai kemampuan untuk memperbaiki kerusakan DNA.


roguehealthandfitness


Selain itu, penelitian tersebut juga menunjukan 50 pekerja mengalami penurunan melatonin yang tinggi selama bekerja di malam hari. Melatonin berfungsi untuk menjaga kesehatan sel yang dapat memperpanjang umur manusia.


Meskipun begitu, Bhatti tidak menyarankan para pekerja untuk mengkonsumsi suplemen melatonin karena produksinya tidak diatur oleh Food and Drug Administration.


1


Alternatifnya, Bhatti menyarankan agar pekerja shift malam menyeimbangi dengan gaya hidup sehat seperti memakan makanan bernutrisi, berolahraga secara teratur dan tidur yang cukup. Ia juga mengusulkan agar perusahaan membantu menyediakan makanan sehat dan memberi kesempatan para karyawan untuk berolahraga.


Sudah tahu kan bahaya bekerja pada malam hari? Yuk, seimbangi dengan gaya hidup sehat?


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.