Ads Top

Cegah Pikun, Tinggalkan 6 Kebiasaan Buruk Ini Sekarang Juga!


Pikun merupakan penyakit degeneratif yang biasa dialami oleh lansia. Gejala kepikunan ditandai dengan menurunnya daya pikir seseorang seperti melemahnya daya ingat dan berkurangnya kemampuan  memecahkan masalah sehari-hari.


Agar kelak kamu terhindar dari risiko kepikunan, sebaiknya mulailah untuk meninggalkan beberapa kebiasaan buruk berikut ini.


jokestimes com

1. Konsumsi makanan berkadar gula tinggi


Konsumsi secara berlebihan  beras putih, kue-kue manis dan roti dapat menganggu produksi insulin yang berbahaya bagi kinerja otak. Anda dapat mengganti konsumsi makanan tersebut dengan beras merah, pemanis rendah kalori dan roti dari bahan gandum.


2. Mengkonsumsi daging olahan


Sosis, daging kaleng, daging asap, ikan bakar mengandung nitrosamin yang memicu liver menghasilkan terlalu banyak lemak yang dapat berbahaya bagi otak.


3. Penggunaan obat-obatan kimia


Obat-obatan yang mengandung anti depresan dalam jangka panjang dapat meningkatkan resiko kerusakan pada memori otak. Mulai gunakan obat-obatan herbal sebagai solusinya.


4. Terlalu sering begadang


Kualitas tidur yang buruk seperti waktu tidur yang kurang dapat membuat seseorang menjadi pelupa. Usahakan untuk menjaga ritme tidur Anda secara teratur dengan waktu yang cukup.


5. Minum minuman beralkohol


Dalam jangka panjang, konsumsi minuman beralkohol dapat menganggu kinerja sistem limbik pada otak yang berakibat menurunnya daya ingat seseorang.


6. Stres yang berlebihan


Suasana hati yang buruk, seperti cemas dapat menurunkan kemampuan konsentrasi seseorang. Hal ini membuatnya sulit untuk memasukkan informasi baru ke dalam otak mereka.


Jadi, biasakan mulai sekarang untuk hidup lebih sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, rutin berolahraga dan meninggalkan kebiasaan yang dapat berpotensi buruk bagi kesehatan.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.