Ads Top

Awas, Depresi Mengancam! Kenali Yuk Gejalanya


Jaman semakin maju dan tekanan hidup semakin besar, ya saat ini bisa dikatakan era yang penuh komersialisasi. Banyaknya persaingan baik di tingkat akademis, dunia kerja bahkan gaya hidup membuat orang memiliki tekanan jiwa yang sangat besar.


Kegagalan atau persolan hidup lainnya memiliki dampak besar bagi jiwa manusia, ada yang mampu mengatasi namun banyak juga yang sulit beradaptasi sehingga menyebabkan depresi.


Sayangnya banyak yang tidak sadar bahwa dirinya sedang mangalami gangguan jiwa/depresi, dan baru sadar ketika sudah masuk ke dalam fase yang berat.


depresi


Lalu apa depresi itu?


Depresi adalah perasaan sedih yang mendalam yang terjadi setelah kehilangan seseorang atau diakibatkan peristiwa menyedihkan lainnya namun tidak sebanding dengan peristiwa tersebut dan terjadi dalam waktu yang tidak normal.


Para ahli belum menemukan penyebab pasti terjadinya depresi, namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya depresi ini seperti pengaruh obat-obatan, keturunan, kepribadian introvert dan peristiwa emosional.


Penderita depresi akan tampak muram, pasif, letargis (malas dan tidak bersemangat), tidak mampu menikmati kesenangan, tidak suka bercanda, curiga, introvert, suka mengkritik dan sering menyesali dirinya sendiri.


depresi


Depresi berat dapat menyebabkan delusi (keyakinan palsu) dan halusinasi seperti melihat atau mendengar sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Penderita depresi berat merasa dirinya telah melakukan perbuatan dosa yang tidak termaafkan atau melihat orang-orang yang sudah meninggal. Depresi berat yang disertai delusi dinamakan depresi psikotik.


Jika ada gejala-gejala seperti diatas segera pergi ke dokter atau psikater ya, jangan sampai terjadi depresi berat dan nantinya sulit diobati. Salam sehat.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.