Ads Top

3 Daerah di Indonesia Ini Warganya Memiliki Mata Berwarna Biru!


Indonesia masuk dalam kawasan asia tenggara yang dihuni oleh masyarakat multi etnis atau beragam suku dan ras. Hampir mirip dengan rata-rata penduduk asia tenggara lainnya yang serumpun, warna kulit mayoritas masyarakat Indonesia didominasi kulit berwarna kuning langsat dan sawo matang.


Namun ternyata ada sebagian suku di Indonesia yang memiliki ciri fisik ras kaukasoid atau mirip orang eropa pada umumnya. Diduga suku atau warga ini dulunya adalah keturunan bangsa Portugis yang pernah datang ke wilayah indonesia sekitar abad ke-16, dan keturunan Belanda yang pernah menjajah Indonesia.


Dikutip dari iyaa.com, berikut 3 daerah di Indonesia yang warganya memiliki mata berwarna biru, mirip orang eropa.


#1. Lamno, aceh jaya


Wanita muslimah lamno yang bermata biru. via republika.co.id

Pesona wanita penduduk lamno akan membuat kamu terkagum. Mereka umumnya berparasa cantik, berkulit putih dan mata berwarna biru. Sangat mirip dengan ciri penduduk eropa.


Penduduk lamno yang banyak bermukim di kecamatan jaya, kabupaten aceh jaya ini warganya didominasi dengan ciri fisik orang bule. Mereka kerap disapa si mata biru atau bulek lamno.


Salah satu remaja di lamno, aceh jaya yang bermata biru. via statusaceh.net

Menurut pengakuan para sejarawan dan para tetua warga setempat, mata biru yang mereka dapatkan adalah hasil perkawinan silang antara tentara portugis dengan warga lokal.


Dulunya saat abad ke-16, banyak tentara portugis yang dijadikan tawanan oleh kerajaan daya yang merupakan penguasa daerah aceh jaya terdahulu.


#2. Pulau Siompu, Sulawesi Tenggara


salah satu penduduk pulai siompu yang bermata biru. via tribunnews.com

Dulunya pulau siompu menjadi tempat persinggahan para pelaut portugis pada abad ke -16, sebelum membawa rempah-rempah ke eropa.


Diceritakan saat itu pemimpin portugis mempersunting salah satu bangsawan wolio, bernama Waindawula untuk menjadi istrinya. Beerdasarkan cerita rakyat inilah yang diperkirakan menjadi awal mula munculnya iris mata warna biru dan rambut pirang di kalangan warga Pulau Siompu.


#3. Halmahera Timur


gadis lingon dari halmahera timur yang bermata biru. via iyaa.com

Halmahera dikenal sebagai pulau terbesar diantara Kepulauan Maluku, dan merupakan bagian dari Provinsi Maluku Utara.


Terdapat satu komunitas suku yang mendiami di pedalaman hutan Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara, yang biasa disebut sebagau suku lingon.


Orang-orang suku Lingon berbeda dari kebanyakan suku di Indonesia yang ada. Mereka memiliki tampilan fisik dengan tubuh yang tinggi, kulit putih, rambut pirang, dan warna mata biru atau hijau.


Tingkat populasi mereka tidak diketahui secara pasti karena mereka mengucilkan diri ke hutan, akibat konflik dan ancaman dari suku Togutil yang hidup di pesisir pantai.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.