Supaya Nggak Salah Beli Laptop, Inilah 5 Cara Mengetahui Spesifikasinya Secara Manual. Gampang, Kok!

loading...

22 Februari 2017

Membeli laptop merupakan hal yang sangat krusial dalam dunia kita. Apa lagi selaku anak muda banyak yang mengiginkan laptop yang terlihat mewah dan memiliki performa yang tak kalah menarik. Tentunya laptop sekarang bisa mengurangi atau meningkatkan kepercayaan diri kita, ‘kan? Nah, lalu apa saja yang membuat agar laptop anda tidak keketingalan zaman dengan temen-temen anda?

Berikut ini adalah hal yang perlu anda perhatikan sebelum membeli laptop:

 

1. Tentukan prosesor yang canggih, supaya kinerjanya maksimal dan anti lemot

Untuk memilih laptop yang bagus, sesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan kamu. Apakah kamu ingin memiliki laptop untuk kerja, bermain games, atau untuk mengolah multimedia, atau bahkan ingin semua dalam satu perangkat? Itu mungkin saja terjadi, tetapi tentu saja dibanderol dengan harga yang mahal.

Jika kamu ingin mempunyai laptop yang tangguh dalam mengerjakan multimedia, maka kira-kira tips memilih laptop yang berkualitas untuk kamu adalah beli laptop yang menanamkan prosesor Intel Core, minimal Intel Core i5 generasi ke empat atau Haswell. Prosesor ini sudah terkenal kuat dan siap untuk melibas hal-hal seperti multimedia.

Bukan berarti prosesor AMD nggak tangguh, ya. Prosesor AMD juga baik untuk bermain games dengan frame per second yang cukup tinggi. Pada laptop yang sudah mengusung prosesor AMD A8, sangat baik digunakan ketika bermain games sekelas GTA V. Tidak ada lag yang terasa cukup mengganggu.

Perbedaan antara prosesor AMD dan Intel sendiri tidak berbeda jauh saat kamu menggunakannya untuk pekerjaan standar. Jadi, kamu pasti nggak perlu laptop terlalu bagus dan mahal jika hanya untuk pekerjaan-pekerjaan ringan. Setidaknya, seperti yang telah disebutkan di atas, prosesor yang harus kamu pilih itu sudah minimal Intel Core i5 atau AMD A8 biar laptop kamu tidak gampang nge-lag jika sewaktu-waktu kamu menggunakannya cukup berat di bandingkan sebelumnya.

2. Yang kamu lihat terus menerus itu layarnya lho, jadi kamu harus bekali laptop dengan grafis yang mantap

Nah, hal ini juga jangan terlewatkan. Ada dua jenis GPU atau graphics processing unit yang ternama dalam dunia komputer, pertama ialah NVIDA GeForce dan kedua AMD Radeon. Masing-masing GPU ini memiliki ciri khasnya sendiri. Biasanya, NVIDIA GeForce lebih handal dalam hal berbau pengolahan foto dan video, serta gaming. AMD Radeon kalah kalau harus berurusan dengan kebutuhan edit video, tapi masih seimbang dalam dunia gaming.

Tips memilih laptop yang berkualitas adalah kamu harus tahu betul kira-kira kamu lebih dominan ke mana saat menggunakan sebuah perangkat komputer jinjing. Generasi terbaru dari Nvidia GeForce saat ini sudah masuk ke seri 900-an. Jadi, Jaka sarankan, minimal kamu memilih laptop yang menanamkan VGA GeForce 920M. Mungkin dalam pemakaian gaming masih kurang baik, namun melahap pekerjaan multimedia dapat mudah dikerjakan dengan lancar.

Apabila kamu lebih menyukai dunia musik, prosesor AMD dapat kamu andalkan, guys. Sebab, prosesor AMD memiliki banyak pendukung extensi audio daripada Nvidia GeForce. Selain itu, Radeon juga memiliki fitur UVD yang tidak tersedia pada Nvidia GeForce. Untuk memainkan games dengan DirectX 9 maupun 10, AMD masih jadi unggulan.

Untuk produktivitas yang tidak terlalu berat, maka pilihlah GPU NVIDIA GeForce minimal seri GeForce 920m atau AMD Radeon HD7000-series dan AMD Radeon R5-series ke atas. Kedua GPU itu sudah dikategorikan sebagai VGA yang baik, agar laptop tidak terlalu lelet.

Biasanya, ketika prosesornya Intel, lebih mantap saat disandingkan dengan GPU NVIDIA. Sedangkan, jika prosesornya menggunakan AMD, yang dijadikan pedoman biasanya adalah Radeon.

3. Jangan lupa pilih kapasitas RAM yang besar juga, ya!

Setelah membahas processor dan GPU, kini tiba ke persoalan RAM. Kamu juga harus tahu, laptop yang baik itu butuh berapa kapasitas RAM yang diperlukan, setidaknya terhitung minimal, ya. Nah, laptop yang tidak akan lelet, membutuhkan sekurang-kurangnya RAM 4 GB DDR3. Dengan kapasitas RAM seperti ini, kamu bisa bernafas lega untuk merasakan laptop yang nyaman untuk digunakan dalam pekerjaan sehari-hari.

RAM itu berfungsi untuk menyimpan data sementara. Misalkan, jika kamu mengetik baik di Notepad maupun Ms. Word, sebelum kamu menyimpannya di harddisk, maka RAM-lah yang akan membuat akses mengetik kamu beroperasi. Berhubung software zaman sekarang itu berat-berat, makanya kamu membutuhkan RAM yang lebih lega untuk menunjang laptop terbaik kamu tidak nge-lag.

4. Berikan kenyamanan pada mata dengan ukuran layar laptop secukupnya

Ini merupakan selera masing-masing pengguna. Ada yang suka dengan laptop berlayar besar dan ada juga yang mini supaya nggak ribet di bawa ke mana-mana. Tetapi, biar nggak terlalu kecil dan terlalu besar, minimal ukuran layar yang direkomendasikan adalah berukuran 14 inci. Ada yang tahu alasannya?

Begini guys, saat kamu membutuhkan laptop, berarti kamu ingin kepuasan layar tersendiri. Jika kamu menggunakan layar yang kecil, apa bedanya kamu menggunakan laptop dengan tablet? Maka dari itu, ukuran 14 inci merupakan opsi paling baik untuk kamu. Tidak terlalu besar, dan juga tidak terlalu kecil. Jadi, mau menggunakan untuk kerja, gaming, maupun edit video, monitor dengan ukuran tersebut dijamin aman untuk kamu. Sehingga, kamu nggak akan lagi salah memilih laptop yang cocok untuk kerja. Mantap!

5. Nah yang paling penting, kalian jangan lupa pilih laptop dengan garansi resmi, ya!

Ingat, di setiap laptop dalam brand apapun, kamu harus memperhatikan masa garansi yang diberikan. Jangan sampai tertipu penjual abal-abal. Terutama kalau kalian mau beli laptop bekas, harus benar-benar jeli ya perhatikan tiap detilnya!

Nggak ada lagi tuh menyesal saat beli laptop. Selamat mempraktikkan!

Comment dong...