Sebelum Fix Pesan Kamar, Perhatikan 11 Rahasia Hotel yang Jarang Diketahui Tamu. Ini Penting!

loading...

Hotel menjadi salah satu tempat yang dituju khususnya bagi para pecinta traveling. Selain sebagai tempat singgah atau beristirahat, hotel justru menjadi alasan seseorang untuk pergi liburan ke suatu tempat. Mereka yang sedang bulan madu misalnya, di mana mengharuskan kamu dan pasangan lebih banyak berada di hotel dibandingkan pergi jalan-jalan. Atau, bagi orang-orang yang sudah penat dengan pekerjaan, terkadang memanfaatkan hotel sebagai tempat peristirahatan dengan tujuan fasilitas dan kenyamanannya.

Bagi sebagian orang, memilih hotel hanya dilihat dari segi harganya saja. Mereka nggak melihat bagaimana kondisi, fasilitas, hingga pelayanan yang tersedia di hotel tersebut. Sebenarnya ada beberapa hal yang jarang diketahui oleh tamu hotel tentang bagaimana kondisi maupun kemudahan yang bisa ditemui ketika menginap. Biar lebih berhati-hati dan bisa memaksimalkan momen menginap di hotel, yuk simak rangkuman penelusuran Hipwee Tips berikut.

1. Kamu bisa mendapatkan tipe kamar yang sama dengan setengah harga. Caranya, pesan kamar setelah pukul 18.00 secara langsung

telepon langsung di jam-jam terakhir via www.rd.com

Beberapa hotel biasanya memiliki kebijakan untuk menyewakan kamar kosong terakhir dengan harga yang lebih murah. Namun, para staf hotel nggak serta merta menunjukkan harganya pada publik karena selalu ada kemungkinan calon tamu akan memesan kamar dengan membayar biaya penuh pada saat-saat terakhir. Nah, ini adalah kesempatan buatmu untuk mendapatkan harga kamar yang lebih miring.

Pastikan kamu menelepon langsung ke hotel untuk memesan kamar setelah pukul 18:00. Dengan menelepon langsung, biasanya kamu bisa mendapatkan diskon yang signifikan, terutama jika hotel yang kamu pilih adalah hotel independen. Di waktu ini juga harga kamar cenderung lebih murah daripada di pagi hari.

2. Banyak juga pihak ketiga yang menawarkan harga yang lebih murah daripada harga aslinya. Cek dulu sebelum memesan, ya!

cek harga online via www.travipro.com

Apakah kamu pernah iseng-iseng membandingkan harga hotel dengan pihak ketiga? Pihak ketiga dalam hal ini adalah website, aplikasi, atau portal khusus yang menyediakan layanan pemesanan hotel. Terkadang harga hotel tersebut jauh lebih mahal jika dibandingkan pihak ketiga. Jadi, alangkah bagusnya jika kamu rajin-rajin untuk mengecek pihak ketiga ketika memesan hotel. Nah, nggak jarang pihak ketiga ini juga menawarkan promo khusus dan tentu harga yang lebih murah.

3. Jangan percaya jika resepsionis bilang, “Semua kamar kami sama”. Selalu ada yang kurang dan lebihnya

beri tip pada resepsionis via www.elmouradi.com

Saat kamu memilih kamar, resepsionis biasanya mengatakan, “semua kamar kami sama”. Dilansir dari laman Brightside, Jacob Tomsky, seseorang yang telah bekerja di bisnis hotel selama bertahun-tahun dan menulis sebuah buku tentang rahasia hotel mengatakan bahwa tiap kamar selalu berbeda, ada yang memiliki tampilan lebih indah, kamar mandi lebih baik, atau TV yang lebih baik, dan sudut ruangan lebih luas. Jadi, jangan ragu untuk memberikan uang tip pada resepsionis agar kamu mendapatkan ruang yang lebih baik dan mendapatkan bonus yang berbeda. Misalnya, film-film atau minibar gratis. Lumayan, ‘kan?

4. Soal kebersihan, jangan sepenuhnya percaya. Jika kamu risih, boleh kok meminta penggantian sprei atau bed cover-nya

minta ganti kalau begini via www.travelandleisure.com

Beberapa hotel memiliki kebijakan masing-masing dalam hal kebersihan. Ada hotel yang rutin membersihkan sprei setiap hari, tapi ada juga yang seminggu sekali. Bahkan, ada lho bed cover yang hanya dicuci ketika kotor saja. Duh, kok ngeri, ya.

Ketika kamu sampai di kamar hotel, langsung biasakan untuk melihat apakah sprei dan bed cover sudah bersih atau belum. Jika dirasa kotor, kamu boleh meminta penggantian. Telepon resepsionis atau kamu bisa meminta penggantian pada room service jika kebetulan ada yang sedang berkeliling.

5. Pun perabot seperti gelas dan water heater perlu kamu perhatikan juga kebersihannya. Hubungannya langsung menuju perut, lho!

mengkilap sih… via www.hotelmanagement.net

Biasanya, petugas kebersihan kamar hotel hanya diberikan waktu selama 30 menit atau kurang untuk membersihkan satu kamar. Kebayang nggak, bagaimana cara mereka membersihkan seluruh perabotan kamar, termasuk gelas dan water heater? Gelas di kamarmu mungkin mengkilap, tapi nggak selamanya yang mengkilap itu bersih, bukan? Untuk memberikan sugesti bersih pada seluruh perabot di dalam kamar, biasanya sejumlah hotel menggunakan semir perabot. Cara ini nggak terkecuali dilakukan terhadap perabot seperti gelas dan water heater. Itulah sebabnya, penting sekali untukmu tetap mencuci gelas atau perabot makan dan minum lainnya dengan air panas sebelum digunakan, ya!

6. Soal keamanan, jangan pernah sepelekan pengait pintu rantai atau card lock yang ternyata bisa saja ‘diakali’

bisa diakali via www.youtube.com

Menginap di hotel yang murah atau mewah sekalipun, selalu kunci pintu setiap kali kamu berada di dalam kamar. Seberapapun canggihnya sistem keamanan pintu, sistem kunci rantai maupun kartu elektronik mudah diakali dan dibuka. Pun pengait pintu baik yang menggunakan besi maupun rantai, sama-sama masih bisa diakali dari bagian luar kamar. Itulah kenapa, kamu tetap harus waspada dengan selalu mengunci pintu kamar terutama saat kamu sedang mandi atau tidur.

7. Hati-hati juga terhadap lubang pengintip yang beberapa bisa diakses dari luar kamar. Nggak mau, ‘kan?

bisa diintip dari luar via twitter.com

Kamu pasti seringkali menemukan pintu kamar hotel yang dilengkapi dengan lubang pengintip untuk melihat tamu sebelum kamu membukakan pintu. Hati-hati, beberapa lubang pengintip ternyata juga bisa ‘diakses’ dari luar kamar, lho! Sebaiknya, kamu menutup lubang tersebut dengan benda apapun sebelum menempati kamar hotel dan menggunakan seperlunya.

8. Nah, benda ini biasanya sering kamu cari, remot TV. Hati-hati lho, segala jenis kuman bersarang padanya

jangan asal sentuh via www.huffingtonpost.com

Dari seluruh benda yang ada dalam kamar hotel, remot TV menduduki peringkat teratas sebagai benda tempat bersarangnya kuman. Selain mencuci sendiri gelas sebelum digunakan, ada baiknya kamu juga membersihkan permukaan remot TV menggunakan cairan antiseptik atau tisu basah. Apalagi jika kamu menginap bersama balita atau anak-anak, hal ini juga bisa menjadi upaya untuk menghindarkan mereka dari kuman penyakit.

9. Satu lagi, jangan pernah bersandar di jendela kamar. Ini bahaya!

lihat dari jauh saja via www.huffingtonpost.com

Jendela di kamar hotel seringnya nggak diperiksa secara teratur, bahkan di kamar-kamar hotel mewah di dalam bangunan tinggi. Nggak jarang banyak tamu hotel yang terlalu asyik melihat pemandangan di luar hotel sambil bersandar pada jendela tanpa sengaja. Hati-hati, tindakan ini sungguh berbahaya. Nggak peduli apakah hotel yang kamu inapi tersebut hotel murah atau hotel mewah, keduanya memiliki kemungkinan yang sama terkait keamanan. Jadi, jangan pernah bersandar pada jendela kamar hotel, ya!

10. Jangan terburu-buru mengambil makanan atau minuman di dalam hotel, nggak semuanya gratis, lho!

waspada makanan berbayar via www.thebenjamin.com

Semua hotel pasti memiliki fasilitas makanan atau minuman di dalam kamar hotel. Tapi, tahukah kamu bahwa nggak semua makanan yang ada di kamar hotel itu gratis? Makanan atau minuman yang sudah pasti gratis adalah air putih, teh atau kopi yang ada di meja hotel. Selain itu, makanan atau minuman di hotel adalah berbayar. Jika di kamar kamu terdapat mini bar yang berisi makanan atau minuman mewah, biasanya itu berbayar. Ada baiknya jika kamu bertanya kepada room service atau bellman, mana makanan yang berbayar dan mana makanan yang gratis.

11. Terakhir, memberikan uang tip pada doorman atau bellman akan memudahkan kamu untuk mendapatkan pelayanan ekstra

beri uang tip pada bellboy via www.vanityfair.com

Beberapa orang malas memberikan tip kepada doorman atau bellman. Bahkan kamu sendiri mungkin nggak pernah memberikan tip kepada karyawan hotel, walaupun pelayanannya sudah memuaskan. Ternyata, doorman ataupun bellman ini bisa menjadi jalan untuk mendapatkan segala kemudahan, mulai dari upgrade kamar hingga mendapatkan sarapan atau makan malam gratis. Jadi, jika kamu punya rezeki lebih dan ingin berbaik hati, sisihkan uang tip untuk karyawan hotel.

Nah, setelah membaca artikel ini, baiknya kamu lebih teliti dan berhati-hati sebelum menginap di kamar hotel, ya. Semoga bermanfaat!

Comment dong...