Penyu Malang Ini Dioperasi dan Ditemukan Hampir 1.000 Koin di Perutnya. Duh, Nggak Tega Lihatnya

loading...

8 Maret 2017

Kabar miris terdengar dari Thailand. Bukan tentang banjir di Bangkok, atau tentang Raja Thailand yang belum lama mangkat. Melainkan kabar miris dari seekor penyu. Seekor penyu dari wilayah Chonburi ini harus dioperasi setelah perutnya menelan banyak koin uang logam. Penyu malang bernama Omsin ini menelan hampir 1.000 koin!

Kok bisa sih terjadi kejadian konyol begini. Yuk kita simak ceritanya sama-sama…

Penyu ini tinggal di sebuah kolam di Chonburi, timur Kota Bangkok. Masyarakat sering melempar koin ke dalam kolam karena konon dipercaya mendapatkan keberuntungan…

penyu sebelum dioperasi via www.facebook.com

Kepercayaan melempar koin mendapatkan keberuntungan ini bukan cuma terjadi di Chonburi. Buat kamu yang pernah ke Thailand, banyak sekali tempat wisata yang menyajikan pemandangan demikian. Terutama di ibukota Bangkok. Sialnya, kali ini koin-koin yang dilempar ke dalam kolam juga ikut tertelan oleh si penyu bernama Omsin ini. Hampir menghilangkan nyawa hewan ini. Lha gimana, saking banyaknya mungkin dikira makanan oleh penyu tersebut.

Kemudian, Tentara dari Angkatan Laut Royal Thailand menemukan penyu tersebut dalam kondisi yang kesakitan. Mereka mengirim penyu ini ke Universitas Chulalangkorn untuk kemudian dioperasi…

itu perutnya ampe robek via www.facebook.com

Ditemukan di kolam dengan kondisi menyedihkan, penyu ini kemudian dikirimkan ke dokter hewan di Universitas Chulalangkorn. Dokter hewan kemudian melakukan CT Scan kepada penyu tersebut. Dan hasilnya pun mengejutkan, banyak sekali koin yang berada di perutnya sehingga perutnya pun sobek. Terjadi infeksi di saluran pencernaan dan saluran nafasnya. Hal ini yang membuat penyu tersebut sulit makan, bernafas maupun berenang. Tindakan operasi pun diambil kepada penyu itu. Masyarakat pun ikut berdonasi membantu operasi si penyu.

Total jumlah koin yang berada di perut penyu sebanyak 915 koin dengan berat 5 kilogram. Koin sebanyak ini senilai 765 ribu rupiah lho! Banyak yang udah berkarat juga…

totalnya 765 ribu! via www.reuters.com

Setelah dioperasi, hasilnya begitu mencengangkan. Total ada 915 koin di perutnya seberat 5 kilogram dalam total 59 kg tubuh si penyu. Kalau dinominalkan ke rupiah, koin yang berhasil dikeluarkan sejumlah 765 ribu rupiah. Wow, besar juga lho ya. Uang koin aja padahal.

omsin pasca operasi via www.reuters.com

Penyu ini dioperasi selama 6 jam oleh dokter hewan. Setelah dioperasi, Omsin harus menjalani pemulihan selama sebulan agar kondisinya membaik. Semoga segera pulih ya Omsin. Biar bisa beraktivitas kembali. Agar Omsin sehat seperti semula, butuh terapi lebih lama lagi, yakni sekitar enam bulan.

“Kondisinya sudah membaik. Butuh waktu kurang lebih sebulan agar dia benar-benar pulih,” tutur Nantarika Chansue, Veteriner dari Universitas Chulalangkorn.

Semoga kejadian ini membuka mata kita bahwa jangan sampai ada hewan yang menderita karena sikap manusia. Dari buang sampah sembarangan, buang plastik atau buang koin, segera hentikan agar tidak terulang Omsin-omsin lainnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Comment dong...