Pekerja Kreatif Pasti Sering Dapet Komentar Ini, Dari Dibilang Nggak Niat Kerja Sampai Minim Masa Depan

loading...

22 Maret 2017

Bekerja memang penuh tantangan. Baik bekerja kantoran, bekerja mengembangkan usaha sendiri, sampai bekerja di bidang kreatif. Terlebih saat kamu bekerja di bidang kreatif, tantangannya seakan datang tiada henti. Mulai dari ide yang harus setiap hari digali sampai komentar orang-orang sekitar yang sering menganggap remeh pekerjaan di bidang kreatif.

Padahal untuk menilai sebuah pekerjaan nggak hanya dilihat dari satu sisi.

1. Ke kantor sering pakai kaos dan sandal. Bukannya nggak niat, tapi kamu lebih memilih kenyamanan saat bekerja

Pakai kaos? Nggak masalah via www.pexels.com

Karena mengutamakan kenyamanan dalam bekerja, kamu sebagai pekerja bidang kreatif biasanya memilih untuk mengenakan kaos dan sandal aja. Melihat hal tersebut, orang-orang sekitar menganggapmu nggak niat bekerja jika dibandingkan dengan pekerja lain yang berpenampilan rapi dari ujung kaki sampai ujung rambut. Kamu pun nggak jarang ditanya orangtua tentang penampilanmu saat akan berangkat kerja. Bahkan mereka juga kerap memarahimu ketika berangkat kerja hanya dengan penampilan sederhana seperti itu.

Nak, kamu kerja kok penampilannya kayak mau main?

Nggak apa-apa mah, yang penting nyaman.

2. Berangkat ke kantor siang-siang. Bukannya kamu pemalas, tapi jam kerja bidang kreatif itu memang fleksibel

Berangkat ke kantor dulu via www.pexels.com

Jam kerja yang fleksibel juga membuatmu bisa berangkat kerja lebih siang dari pekerja lainnya. Karenanya kamu bisa sedikit bersantai di rumah. Tapi orang-orang di sekitarmu justru mengatakan bahwa kamu termasuk orang yang pemalas karena berangkat kerja siang-siang. Selain itu mereka juga beranggapan bahwa berangkat siang berarti kamu pasti juga bangun kesiangan.

Padahal nggak juga. Bisa jadi kamu semalaman mengedit video dan menunggu proses render yang membutuhkan waktu lama atau membuat skema ide untuk dibicarakan dengan teman-teman di kantor keesokan harinya.

3. Kalau di kantor diperbolehkan bermain. Bukannya kerja nggak serius, tapi itu salah satu cara sebagai penghilang stres biar kerjaan cepet beres

Main dulu via www.pexels.com

Terkadang kamu di kantor bisa sedikit refreshing seperti bermain PS atau sekadar main uno. Bahkan tidak jarang kamu juga bisa bekerja sembari mendengarkan lagu-lagu yang kamu putar dari aplikasi pemutar musik. Hal tersebut memang jarang dilakukan oleh pekerja pada umumnya yang biasanya fokus pada pekerjaan. Bermain games seperti main PS atau permainan yang lain di kantor bukan berarti kerjaan kamu nggak serius, melainkan salah satu cara yang kamu lakukan biar nggak tegang saat bekerja. Dan tentu saja selesai refreshing, kerjaan juga wajib untuk diselesaikan.

4. Kantormu terkadang nggak sebagus kantor pada umumnya, tapi dari sana kamu malah merasa lebih nyaman karena suasana kekeluargaan yang ada

kantor gue via www.pexels.com

Kantor pekerja bidang kreatif itu ada banyak macamnya. Ada yang di studio, di dalam rumah yang disulap menjadi kantor, di ruko, atau co-working space. Bahkan, kamu terkadang juga bisa kerja sambil nongkrong di caf . Pada dasarnya kamu sebagai pekerja bidang kreatif bisa bekerja di mana saja asalkan semua kerjaan beres pada waktunya.

Walaupun kantor pekerja bidang kreatif tidak semegah pekerja pada umumnya, namun dari sana kamu berhasil menemukan kenyamanan dan suasana kekeluargaan yang membuat kamu lebih semangat dalam bekerja.

5. Kadang orang-orang mengatakan jadi pekerja bidang kreatif itu minim masa depan, padahal sebaliknya!

Masa depan? Ada banget! via www.pexels.com

Kerja pakai kaos, berangkat kerja siang, di kantor bisa main-main sampai kantor nggak semegah kantor pekerja lainnya membuat kamu sering dibilang pekerja yang minim masa depan. Kamu dianggap kurang berusaha karena terkesan selow dalam bekerja. Padahal kata selow sebenarnya sulit sekali kamu dapatkan. Rasanya satu hari itu nggak cukup 24 jam biar nggak ada lagi kata lembur atau bermalam di kantor karena kerjaan.

Perihal masa depan, sebenarnya peluang untuk sukses dengan bekerja di bidang kreatif masih terbuka lebar. Semua tergantung bagaimana usaha dan seberapa luas idemu untuk mengolah peluang tersebut.

Bekerja di bidang kreatif memang tidak terlalu dibelenggu oleh aturan-aturan, melainkan dibebaskan untuk berkreasi. Tapi jangan salah, tantangan pekerja kreatif itu juga nggak mudah. Mereka harus pintar-pintar mencari ide agar karyanya bisa bermanfaat dan bisa dinikmati oleh banyak orang. Kebanyakan orang yang bekerja di bidang kreatif itu karena hobi. Melakukan hobi dan dapat penghasilan, siapa sih yang mau nolak?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Comment dong...