Pabrik Semen yang Mangkrak di Barcelona Ini Diubah Jadi Rumah Mewah. Hasilnya Menakjubkan Banget!

loading...

28 Februari 2017

Pada tahun 1973, Ricardo Bofill menemukan pabrik semen yang sudah mangkrak di pinggiran Barcelona. Dia melihat ada peluang untuk membangun ‘sesuatu’ dari pabrik semen yang sudah tidak bermanfaat itu. Untuk itulah Bofill merekayasa tempat ini jadi sebuah rumah yang menyerupai ‘istana’ yang wah. Sebuah rumah hunian sekaligus tempat kerja yang merupakan wujud transformasi dari pabrik yang polusinya mengotori langit Barcelona. Kini, rumah ini begitu tampak elegan dengan kebun-kebun yang menghijau. Indah sekali.

Proses renovasi ini sudah berlangsung selama puluhan tahun dan masih berlangsung hingga kini. Penasaran seperti apa kondisi rumah bekas pabrik semen ini? Yuk kita kepoin sama-sama bareng Hipwee Travel.

Namanya La Fabrica, rumah yang sudah berusia 44 tahun ini dulunya bekas pabrik semen peninggalan era perang dunia. Pabrik yang polutif ini kemudian mangkrak selama bertahun-tahun…

pabrik mangkrak via www.ricardobofill.com

Karena melihat potensinya, Bofill kemudian merekayasa agar pabrik semen ‘mengerikan’ yang ia beli ini jadi rumah yang bisa ditinggalinya…

pabrik semen via www.boredpanda.com

Untuk bagian luarnya, ia tetap mempertahankan semak-semak hijau yang mengelilingi bangunan ini. Biar tampak adem, tapi nggak serem…

asik kan? via www.boredpanda.com

Ia dan timnya kemudian membuat interiornya menggunakan konsep modern living space dengan begitu mengagumkan. Kamu bisa saksikan pintunya aja keren kaya gini…

elegan via www.boredpanda.com

Struktur pabrik yang dulu masih dipertahankan dengan memerbaiki desain interiornya biar lebih modern. Hasilnya, luar biasa!

struktur pabriknya masih dipertahankan via www.boredpanda.com

Kalau penasaran sama tempat tidurnya, tenang, nyaman banget kok. Pasti betah deh males-malesan di kasur…

Kalau kamu tinggal di ‘istana’ ini, nggak akan menyangka ‘kan kalau ini awalnya pabrik semen mangkrak yang seram…

interiornya juara via www.ricardobofill.com

Pabrik ini punya suasana yang menakjubkan dan sistematis. Memadukan nuansa yang terstruktur dengan gairah yang bergolak, akan menciptakan hunian yang luar biasa…

tampak elegan via www.boredpanda.com

Bagian paling penting dari rumah ini adalah ruang kerja. Sebagai arsitek, ia dan tim menyusun ruang studio yang memang nyaman dan terasa elegan…

studio via www.boredpanda.com

Ruangan dapur dan tempat makan berada di lantai dasar sebagai tempat berkumpul keluarga. Rumah yang besar ini pun harus tetap humanis bukan? Hunian memang harus mengutamakan interaksi manusia di dalamnya…

ruang makan via www.boredpanda.com

Eksteriornya menggunakan semua yang serba hijau. Dari rumput di rooftop hingga pepohonan di pekarangannya. Adem sih kalau rumahnya begini…

serba hijau via www.boredpanda.com

Terakhir, karya Bofill dan timnya ini adalah sebuah proses desain kreatif yang penting bagi arsitektur. Kreatif banget ya ‘istana’ di Barcelona ini? Bisa jadi inspirasimu ‘kan?

kreatif abis! via www.boredpanda.com

Sudah cukup takjub beum dengan kreatifitas Bofill dan timnya? Semoga artikel ini memberikan kamu pemahaman biar nantinya bisa memanfaatkan tempat-tempat ‘mangkrak’ seperti ini sebagai tempat tinggal. Siapa tahu ‘kan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Comment dong...