Nggak Selalu Jadi Dubes Saja, 6 Pekerjaan Ini Potensial Buatmu Para Lulusan Hubungan Internasional

0

Hubungan Internasional (HI) menjadi salah satu jurusan yang punya banyak peminat. Nggak mengherankan juga sih, banyak orang yang menganggap bahwa kuliah di jurusan ini prestise-nya tinggi, bisa kerja di luar negeri, jadi diplomat dan sibuk mengurusi hubungan antar negara. Gimana nggak keren, coba?

Tapi, tahu nggak sih kalau prospek kerja lulusan HI itu ternyata sangat luas. Ada banyak peluang pekerjaan yang bisa digeluti jika kamu adalah lulusan dari jurusan ini. Buatmu yang hanya terpancang untuk jadi diplomat atau duta besar yang kerjanya di kementrian, coba deh, lihat dulu peluang lainnya. Siapa tahu cocok juga!

1. Prospek kerja terbaik dari lulusan HI memang ada pada jabatan duta besar. Kamu punya cita-cita untuk menduduki pekerjaan ini?

13 dubes Indonesia sesaat setelah dilantik Presiden Jokowi via www.aktual.com

Kompetensi utama dari lulusan HI memang diarahkan ke jabatan ini. Semua yang dipelajari selama bangku perkuliahan tentunya jadi bekal untuk bisa mumpuni menjadi seorang duta besar. Tapi, untuk sampai ke posisi ini, tentunya tidak serta merta bisa dilantik begitu saja. Karena merupakan hak prerogatif presiden untuk memilih siapa yang pantas menjadi seorang duta besar, maka diperlukan sepak terjang yang cukup kuat agar bisa dilirik.

Anggapan kebanyakan orang, menjadi duta besar adalah satu-satunya prospek kerja yang paling menjanjikan dari lulusan HI. Padahal, masih banyak pekerjaan lain yang bisa didapatkan. Seperti yang disebutkan pada poin-poin setelah ini. Stay tune, ya!

2. Sebagai fresh graduate dari jurusan HI, peluang paling memungkinkan adalah menjadi international officer. Kerja di PBB, mungkin?

kerja untuk PBB via www.rappler.com

Berprofesi sebagai pekerja di kantor urusan internasional menjadi salah satu prospek yang menjanjikan untuk lulusan HI. Seorang international officer bisa bekerja di beberapa instansi antara lain Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar, Konsulat ataupun Atase, bahkan di kantor PBB. Begitu juga dengan LSM yang bergerak di dunia internasional, atau yang disebut dengan INGO (International Non Governmental Organization).

Untuk bisa menjalankan tugasnya dengan maksimal, maka posisi yang paling tepat untuk profesi ini ialah para lulusan HI yang dapat menerapkan seluruh materi dan hal-hal praktis yang telah dipelajarinya secara mendalam selama perkuliahan.

3. Atau, bisa juga menjadi seorang konsultan internasional. Tentunya harus paham betul tentang seluk beluk sebuah hubungan internasional, dong…

Jadi konsultan via id.linkedin.com

Lingkup kerja konsultan internasional bekerja meliputi penasihat, pendamping, atau pemerhati dalam segala hal yang berkaitan dengan hubungan internasional sebuah negara. Tentunya menjalin hubungan skala internasional dibutuhkan keahlian yang nggak sembarangan dan akan menghadapi beberapa kendala, mulai dari bahasa, hingga isu-isu yang sedang berkembang. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam sebuah hubungan internasional, maka diperlukan adanya konsultan yang benar-benar mengerti permasalahan antar negara yang sesungguhnya terjadi.

4. Peka dan dituntut aktif terhadap isu politik juga jadi alasan tepat lulusan HI bekerja menjadi seorang politisi

jadi politisi via www.harianindo.com

Peka dan dituntut aktif terhadap isu politik yang erat kaitannya dengan persoalan negara, membuat lulusan HI juga cocok menggeluti dunia politik. Apalagi kalau ditempatkan pada bidang yang mengurusi hubungan bilateral atau berkaitan dengan kerjasama antar negara. Harapannya, lulusan HI dapat menjadi politisi yang mengkritisi kebijakan-kebijakan baik di dalam negerinya sendiri, ataupun kebijakan yang berasal dari lingkup internasional yang sekiranya dapat mempengaruhi negara.

5. Selain itu, dosen juga bisa jadi pilihan profesi ketika bidang akademisi ingin serius digeluti

Bisa juga jadi dosen via www.rumahkeluargaindonesia.com

Menjadi dosen juga bisa jadi pekerjaan yang dipilih ketika bidang akademisi ingin serius digeluti. Tentunya, perlu dibarengi dengan studi lanjut ke jenjang S2, bahkan sampai S3. Kalau memang ada cita-cita sebagai dosen, teori-teori yang dipelajari haruslah kuat untuk menunjang pekerjaan nantinya. Cocok banget buatmu yang memang punya ketertarikan untuk mengamalkan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain, lho.

6. Wartawan atau jurnalis juga bisa digeluti lulusan HI. Memegang kolom internasional akan jadi keahlian tersendiri

Atau jadi jurnalis? via www.workinentertainment.com

Dengan berbekal ilmu tentang dunia internasional selama kuliah di jurusan HI, menjadi seorang wartawan atau jurnalis tentu akan memudahkan. Untuk skala media nasional, mengisi kolom internasional menjadi kelebihan tersendiri jika merupakan lulusan HI. Bahkan bukan tak mungkin untuk bisa menjadi jurnalis internasional karena bekal ilmu yang mumpuni. Terbiasa berfikir kritis dengan isu-isu internasional juga menjadi kebiasaan yang akan membantu saat menjadi jurnalis kelak.

Pada dasarnya, tak ada prospek kerja sempit pada sebuah jurusan. Tentunya ini dibarengi dengan keuletan dan keseriusan saat proses perkuliahan. Nah, buatmu yang baru saja memasuki jenjang perkuliahan atau sebentar lagi lulus dari jurusan HI, semoga artikel ini bisa menginspirasimu, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

loading...

Comment dong...