Nggak Kalah Sama yang Pacaran, Ini Keistimewaan Jomblo Di Usia 20-an

loading...

27 Februari 2017

Punya status jomblo seolah menjadi hal yang mengerikan, bahkan lebih mengerikan daripada tak punya uang di akhir bulan. Apalagi kalau sudah memasuki usia 20-an, rasanya merana kalau tak juga punya pacar.

Tapi pada kenyataannya, anggapan itu salah besar. Jadi jomblo di usia 20-an juga tak kalah menyenangkan. Bahkan banyak hal yang bisa kamu dapatkan. Hal-hal baik nggak cuma buat mereka yang pacaran saja. Seperti 8 hal ini, keistimewaan yang hanya dirasakan kamu yang memilih jomblo di usia 20-an.

1. Tanpa pacar yang kasih banyak tuntutan, banyak potensi diri sendiri yang masih bisa kamu kembangkan

nggak banyak yang nuntut

nggak banyak yang nuntut via theothersideofsomeday.tumblr.com

Saat punya pacar, hidupmu terasa sempit dan tak bisa bergerak leluasa. Apapun pilihanmu, tak bisa diputuskan begitu saja saat ada pacar. Ketika kamu ingin melakukan sesuatu, rasanya seperti terbatasi dan apapun mesti konsultasi. Apalagi kalau pacarmu mulai ikut mengatur kehidupanmu, rasanya seperti makin kehilangan jati diri karena terlalu banyak dituntut dengan hal yang tak sesuai dengan dirimu sendiri.

Menjadi jomblo di usia sekarang, buat kamu lebih dewasa sebagai pribadi. Karena segala keputusan yang kamu ambil, murni karena pemikiranmu sendiri. Dan kamu pun tentunya paham dengan konsekuensi atas pilihanmu ini. Bukannya yang seperti ini bisa membuatmu mengembangkan potensi diri jadi lebih besar lagi?

2. Namanya juga single, kemana-mana ya sendiri. Justru kamu lebih bebas kemana kamu ingin pergi

pergi kemana mah bebas

pergi kemana mah bebas via www.pinterest.com

Makanya punya pacar. Kemana-mana ada yang nganter

Oh, itu pacar atau ojek?

Sindirian seperti itu pasti sering kamu dengar, seolah pergi sendiri itu jadi hal yang menyedihkan. Namun jauh dari anggapan yang berkembang, bahwa pergi kemana-mana sendiri itu malah menyenangkan. Kamu tak perlu meminta persetujuan pacar, yang notabenenya nggak berhak melarang-larang, saat kamu ingin pergi ke sebuat tempat yang kamu ingin kunjungi.

Dan terbiasa pergi sendiri menjadikan kamu sosok yang dikenal mandiri. Kemana-mana sendiri nggak pernah semenyeramkan itu kok.

3. Datang ke kondangan terasa lebih asik kalau bersama teman. Tidak perlu iri dengan yang punya gandengan

kondangan sama teman

kondangan sama teman via www.logancoleblog.com

Pergi ke kondangan dengan teman itu bukan dosa atau aib yang mesti kamu tutupi. Justru kalau kamu pergi kondangan dengan teman, banyak hal seru yang bisa terjadi. Salah satunya ada reuni dadakan. Coba kalau kamu bawa pacar, kamu hanya akan terfous padanya dan tidak bisa menikmati pesta dengan teman lainnya.

4. Kesan selalu merasa kesepian itu tidak benar. Karena kebahagiaanmu terbuka dari berbagai pintu

nggak pernah kesepian

nggak pernah kesepian via www.logancoleblog.com

Katanya kalau punya pacar, kita jadi jauh dari rasa kesepian. Karena tiap menit akan ada yang mengirim chat atau telefon. Tak hanya itu, akhir pekan juga kamu tak perlu kebingungan, karena pasti punya teman kencan. Tapi definisi hubungan toh tak sesempit itu. Menjalin hubungan tak cuma bertujuan untuk ‘agar ada yang menemani’. Kamu dan dia butuh usaha untuk saling menyatukan dua pikiran, yang usahanya butuh berdarah-darah.

Sementara menjadi jomblo, kamu lebih punya banyak waktu untuk memahami diri sendiri. Kebahagiaan juga bisa berasal dari mana saja. Tak hanya dari pasangan saja.

5. Kamu tidak perlu repot dengan segala bentuk rutinitas pacaran. Waktumu, adalah sepenuhnya milikmu

banyak me-time

banyak me-time via jetsetjustine.com

Apa yang salah dari menghabiskan waktu tidak dengan berkencan dengan pasangan? Jawabannya tidak ada. Sekali lagi, menjadi jomblo berarti kamu punya waktu sendiri untuk melakukan banyak hal yang kamu gemari. Toh membaca buku sambil menikmati teh panas sendirian di sore hari, bukanlah hal yang sama sekali menyedihkan. Lalu apa hal yang paling kamu sesalkan?

6. Karena hampir tak pernah merasa galau, kamu selalu bisa fokus dengan hal yang sedang kamu jalani

fokus studi dulu

fokus studi dulu via favim.com

Sadarkah kamu, beberapa anak muda seumuranmu gagal menggapai mimpinya, karena masalah cinta. Dan sedikit banyak, hal itu mempengaruhi fokusmu dalam mengejar cita-cita.

Well, segala hal tentang percintaan tentu tidak akan mengganggumu yang seorang jomblo. Dan itulah kenapa kamu begitu beruntung menjadi jomblo di usia sekarang ini. Waktu, pikiran, dan tenagamu hanya tercurah untuk memikirkan hal lain yang lebih berguna. Toh, untuk mendapatkan jodoh yang baik, kamu juga harus memiliki masa depan yang baik juga. Karena seseorang yang baik sepertimu, berhak mendapatkan seseorang yang baik juga.

7. Karena jodoh bukan lagi dicari, tapi saling menemukan. Tak perlu sibuk menangisi kesendirian, karena berstatus jomblo bukan kutukan

kamu akan ditemukan

kamu akan ditemukan via www.tumblr.com

Bila banyak teman yang mencemooh status jomblomu dan mereka mengatakan bila kamu adalah itu kuper, menyedihkan, dan sekaligus sering kesepian, tolong ingat untuk tidak sedih dan kemudian menyesali menjadi jomblo di umur-20an. Apalagi kemudian kamu menganggap bahwa menjadi jomblo saat masih muda itu kutukan yang harus kamu temukan penawarnya.

Jangan lagi merutukinya, karena menjadi jomblo justru bisa jadi berkah untukmu, asal kamu tahu cara menikmatinya. Kesendirian mengajarkan kamu mandiri dan bisa berteman dengan lebih banyak orang. Status jomblomu pasti akan segera berakhir bila memang sudah datang waktunya. Kamu tak perlu mencari kesana kemari, karena kamu akan ditemukan saat sudah pantas nanti.

Punya pacar ataupun tidak, semuanya sama saja. Kamu bisa tetap bahagia walau kemana-mana harus sendiri. Tapi di umur yang baru menginjak kepala dua, alangkah lebih baiknya kita gunakan untuk mengeksplore diri kita sendiri.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Comment dong...