Nggak Cuma Dieng, 5 Destinasi Wisata di Wonosobo Ini Juga Bisa Memanjakan Matamu!

loading...

17 Februari 2017

Berbicara tentang Kabupaten Wonosobo, hal pertama yang terbesit di pikiran kita pasti Dataran Tinggi Dieng. Kawasan Dataran Tinggi Dieng sendiri merupakan kawasan yang terdapat berbagai macam tempat wisata menarik seperti Telaga Warna, Puncak Sikunir, Candi Arjuna, Kawah Sikidang, dan lain-lain. Memang, sampai saat ini kawasan Dataran Tinggi Dieng masih menjadi primadona wisata di kabupaten yang berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara, Temanggung, Magelang, Kebumen, dan Purworejo ini.

Padahal kalau kita telusuri lebih jauh, masih banyak lho destinasi wisata di Wonosobo yang menawan selain Kawasan Dataran Dieng. Dan pastinya, banyak di antara kamu yang masih asing dan belum pernah mendengar tentang tempat-tempat ini. Oke, kali ini kita lupakan Dieng sejenak, kita telusuri tempat-tempat wisata menarik di Wonosobo selain Dieng. Ini dia!

 

1. Pengen ngerasain Danau Toba-nya Wonosobo? Langkahkan kakimu ke Waduk Wadaslintang

Waduk Wadaslintang adalah waduk terbesar yang berada di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Kebumen. Letak Waduk Wadaslintang ini berada di ujung Selatan Wonosobo yang berjarak kira-kira 40 km dari pusat Kota Wonosobo. Cukup jauh memang, tetapi kamu tidak akan bosan di perjalanan karena kamu akan melewati hutan pinus yang indah dan menyejukkan mata dalam perjalanan menuju Waduk Wadaslintang.

Rasa lelahmu akan terbayar begitu sampai di Waduk Wadaslintang, karena kamu bisa menikmati keindahan waduk yang dikelilingi pegunungan-pegunungan hijau yang masih asri. Dari salah satu bukit, yakni dari puncak Siwindu, kita bisa melihat Waduk Wadaslintang secara utuh dengan Desa Kumejing yang menyerupai pulau di tengahnya. Hal ini yang menyebabkan waduk ini bisa dibilang mirip Danau Toba yang ada di Sumatera Utara. 

2. Kalau di Semarang ada Lawang Sewu, di Wonosobo ada Lubang Sewu lho

Tidak jauh dari Waduk Wadaslintang, terdapat tempat wisata Lubang Sewu. Lubang Sewu sendiri merupakan tempat wisata yang masih baru lho, karena baru saja diresmikan tahun 2015 lalu. Lubang Sewu terletak di Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo, tepatnya di area sekitar Waduk Wadaslintang. Jadi, setelah kamu puas menikmati keindahan Waduk Wadaslintang, kamu bisa melangkahkan kaki ke sini.

Lubang Sewu ini sebenarnya merupakan batu-batu karang dengan banyak sekali lubang di permukaannya, sehingga dinamakan Lubang Sewu atau Lubang Seribu dalam Bahasa Indonesia. Nah, karena tempat wisata ini terbilang eksotis, banyak yang sengaja datang ke sini untuk ber-narsis ria dan tempat ini juga sering digunakan untuk foto pre-wedding. Jadi buat kamu yang mau ke Lubang Sewu, jangan lupa siapkan kamera ya.

Oh ya, kalau mau ke sini lebih baik pas musim kemarau ya. Soalnya, di musim hujan kamu mungkin akan sedikit kecewa karena Lubang Sewu ini agak ngumpet karena terendam air Waduk Wadaslintang hehe. Jangan sampai salah waktu kunjungan ya.

3. Bebaskan dirimu dari penatnya kehidupan di Gunung Lanang. Mau teriak-teriak di sini bisa, kok

Kalau kamu pengen tempat yang berhawa sejuk, kamu bisa datang ke Gunung Lanang. Tempat ini tidak begitu jauh dari wisata Waduk Wadaslintang dan Lubang Sewu lho. Jaraknya sekitar 16 km dari Waduk Wadaslintang. Gunung Lanang ini terletak di Desa Mergolangu, Kecamatan Kalibawang, Wonosobo. Walaupun namanya pakai embel-embel gunung, sebenarnya Gunung Lanang ini adalah bukit lho, jadi kamu tidak akan kecapekan untuk menuju puncak Gunung Lanang karena tidak terlalu tinggi. 

Di sini, kamu akan disuguhkan panorama pegunungan yang sangat indah dan eksotis, dijamin kamu nggak pengen cepet-cepet pulang deh begitu sampai sini. Jika cuaca cerah, kamu bisa melihat Waduk Wadaslintang dan bahkan bisa melihat pantai selatan lho dari puncak gunung ini. Sayangnya, akses untuk menuju tempat ini masih kurang bagus. Kamu akan melewati jalan yang aspalnya sudah tidak berbentuk, sehingga mental kamu akan diuji ketika melewati jalan ini, namun semua itu akan terbayar ketika kamu sudah sampai di Gunung Lanang.

4. Nikmati sensasi mandi di Curug Drimas, sebuah air terjun yang masih ‘perawan’

Sudah puas mainnya ke waduk, gunung, dan bebatuan karang? Sekarang saatnya kita main-main ke air terjun atau biasa disebut curug. Di Wonosobo terdapat banyak sekali curug, tetapi kalau kamu mau cari curug yang masih perawan dan masih asri, Curug Drimas patut menjadi destinasi kamu selanjutnya. Curug Drimas ini terletak di Desa Wisata Karangsari, Kecamatan Sapuran, Wonosobo. Letaknya dekat sekali dengan alun-alun Sapuran, hanya sekitar 5 km dan alun-alun Sapuran sendiri terletak di jalur utama Wonosobo-Yogyakarta, sehingga kalau kamu berangkat dari Yogyakarta kamu akan mudah untuk mencapainya. 

Curug Drimas merupakan air terjun tertinggi di kawasan tersebut dan memiliki tiga tingkatan atau lapisan air terjun. Ketinggiannya sekitar 40 meter, 15 meter, dan 20 meter. Di sini kamu bisa mandi sepuas kamu untuk menyegarkan badan kamu. Oh ya, curug ini juga ada mitosnya lho. Konon bila melihat pelangi di antara deburan air terjun Curug Drimas ini, merupakan pertanda keberuntungan kamu bisa melihat para bidadari sedang turun ke bumi untuk mandi di Sendang Curug ini. Kadang juga terdengar suara tawa ria dan kecipak air seperti ditepuk-tepuk para bidadari yang mandi.

5. Nikmati segarnya perkebunan teh di Agrowisata Tanjungsari

Masih di Kecamatan Sapuran, kali ini kita jelajahi Agrowisata Tanjungsari. Agrowisata Tanjungsari merupakan salah satu unit perkebunan teh yang dikelola oleh PT. Tambi. Selain di Tanjungsari, terdapat 2 unit perkebunan teh lainnya di Wonosobo, yaitu Kejajar dan Bedakah. Untuk mencapai Agrowisata Tanjungsari ini sangatlah mudah. Kalau kamu dari Yogyakarta kamu pasti akan melewati tempat ini.

Tempat ini sangat pas buat kamu untuk menenangkan pikiran dan menyegarkan mata kamu melalui pemandangan kebun teh hijau. Oh ya masuk ke tempat ini kamu akan dikenakan tarif masuk ya. Tarifnya nggak mahal kok, hanya dengan Rp 6000,- saja kamu bebas berjalan-jalan menyusuri kebun teh ini.

Sudah terbukti kan ternyata nggak cuma Dieng aja yang jadi tempat wisata terindah di Wonosobo? Jadi tunggu apalagi, ayo ke Wonosobo!

loading…



Source : www.hipwee.com

Comment dong...