Mumpung Masih Muda, Lakukan 5 Hal Ini Supaya Masa Tuamu Nggak Merana, Yuk!

loading...

6 Maret 2017

Pada usia yang mulai menginjak kepala dua, banyak dari kita yang mulai berpikir apakah hidup yang dijalani sekarang adalah benar atas kemauan kita sendiri? Studi yang saat ini kita perjuangkan, akankah membawa kita pada karir yang diinginkan?

Semakin banyak renungan dan pertanyaan pada diri kita, di luar apa yang juga orang lain pertanyakan seperti “kapan wisuda?” atau “kapan menikah?”. Jadi, daripada dirimu pusing sendiri dan sibuk lari dari kenyataan, penulis punya sedikit tips untuk kamu yang tidak suka diam, tapi kadang sering sendirian.

1. Coba eksplorasi kota atau lingkungan sekitarmu! Cari tahu hal apa saja yang spesial di sana

Terkadang obat penawar kesuntukan adalah jalan-jalan. Sederhananya jalan itu nggak perlu jauh-jauh, kok. Juga nggak harus nongkrong di mall atau ke tempat sosialita lainnya. Bisa jadi sekadar naik sepeda sore-sore keliling daerahmu, atau ya kalau nemu tempat ijo-ijo juga bisa jadi asik!

Psst.. ini bukan sekadar untuk meramaikan sosmedmu dengan posting-an #explore ya. Wkwk

2. Salurkan hobi di sela waktu luangmu, biar kamu lebih menghargai masa mudamu!

Manfaatkan waktu luangmu untuk melakukan hal yang kamu suka. Hal yang bisa jadi menaikkan mood dan barangkali juga menghasilkan uang *eh. Buat kamu yang suka masak, coba deh bikin tester ala-alamu. Buat kamu yang suka menggambar, asah kreativitas untuk menemukan perspektif baru. Buat kamu yang suka musik, yuk mulai buat lagumu sendiri.

Jadi intinya ya dibawa have fun aja, guys. Hidup yang cuma sekali ini perlu dinikmati dengan sebaik-baiknya versi-mu!

3. Bikin target beserta to-do-list untuk mempermudah segala kegiatanmu

Mmm… waktu senggang juga bisa dihabiskan buat me-time loh, buat ini versi tiap orang bisa berbeda-beda. Dalam sudut pandangku, ada kalanya tiap orang butuh waktu sendirian untuk refleksi diri (re: berkontemplasi) atas apa yang sudah dilakukannya dalam kurun waktu tertentu. Nah, setelah itu juga bisa bikin goals jangka pendek maupun panjang lainnya.

Nah, ada kalanya buat nyusun target, ada pula usaha untuk merealisasikannya, kan?

4. Gabung komunitas sosial, jangan cuma mengurung diri di kamar!

Anak muda itu dapat bersinergi. Untuk kebaikan misalnya. Di era teknologi saat ini, semua akses informasi jauh lebih memudahkan. Banyak project sosial yang bisa kamu pilih dan terjun langsung di dalamnya. 

Sosok inspiratif itu bisa ditemukan di mana saja. Bahkan terkadang dari tempat yang nggak kita duga sebelumnya. So, nggak perlu berpikir dua kali kan untuk mencobanya?

5. Datang ke seminar atau kajian untuk menambah ilmu dan teman baru

Nggak cuma otak aja yang perlu terus dikasih ilmu, tapi spiritual juga. So, perlu ada waktu khusus juga untuk menambah wawasan keagamaan. Kamu bisa bikin jadwal tersendiri untuk aktivitas harian atau mingguan. Jadi bisa seimbang deh 24 jam yang kamu miliki.

Ingat, tidak semua yang kamu inginkan akan kamu peroleh. Kamu perlu bekerja keras untuk mendapatkannya karena kenyataan yang ada tidak seindah cerita dalam buku karangan .

Bahagialah menjadi dirimu sendiri. Jika ada sedikit penyesalan atas masa lalu, biarkan itu berlalu. Kamu berhak atas lembaran hidupmu yang baru dan lebih berwarna.

Comment dong...