Kesempatan Untukmu yang Ingin Kuliah Gratis dan Bisa Mengenal Lebih Jauh Budaya Korea. Jangan Sia-siakan!

loading...

22 Februari 2017

Banyak orang bermimpi untuk bisa melanjutkan pendidikan sampai keluar negeri, namun biaya pendidikan yang terlalu tinggi membuat mimpi itu tetap saja masih bergantung di langit; alias belum tercapai. Bisa melanjutkan pendidikan hingga ke keluar negeri apalagi ke negeri yang difavoritkan pasti sungguh sangat menyenangkan, bukan?

Untuk anda pencinta drama dan kebudayaan Korea, saat ini pemerintah Korea sudah membuka jalur beasiswa bagi yang berkeinginan melanjutkan studi ke tingkat pascasarjana. Beasiswa ini ditanggung penuh oleh pemerintah setempat. Untuk persoalan bahasa, anda tidak usah khawatir karena pemerintah menyiapkan program pelatihan bahasa Korea selama setahun.

Beasiswa ini lebih dikenal dengan KGSP (Korea Government Scholarship Program); bersifat penuh, mencakup biaya tiket pesawat pulang-pergi ke Korea, tunjangan awal saat pertama kali tiba, biaya hidup, asuransi kesehatan sampai biaya penelitian tesis dan disertasi. Wah, enak, ya?!

Bagi anda yang tertarik untuk mengikuti seleksi beasiswa ini, ada beberapa hal yang penting untuk diketahui.

Beasiswa ini hanya menetapkan kuota berjumlah  670 mahasiswa untuk Internasional dari beberapa negara. Ada dua jalur yang bisa anda tempuh untuk mendaftar beasiswa ini. Pertama anda bisa mengajukan aplikasi lewat kedutaan Besar Korea di Jakarta dan jalur kedua lewat pendaftaran langsung ke Universitas yang bekerja sama dengan beasiswa ini. Untuk syarat-syaratnya sama untuk kedua jalur ini.

Kuota yang diterima untuk pendaftar jalur Kedutaan Besar berjumlah 386 dari 145 negara; untuk jalur yang mendaftar langsung ke universitas hanya menerima kuota 260 dari 78 negara; dan sisanya 14 kandidat berasal dari 12 negara, untuk yang ini Indonesia tidak termasuk di dalamnya.

Total kuota untuk anak-anak Indonesia yang mendaftar melalui jalur Kedutaan Besar Korea di Jakarta adalah 9 orang dan 11 orang untuk yang mengirimkan aplikasi langsung lewat jalur universitas. Ada 66 universitas atau institusi yang menjadi tujuan beasiswa ini. Mulai dari yang private sampai yang public.

Jadwal pendaftaran beasiswa KGSP ini sudah bisa di akses sampai bulan Maret 2017 dan akan di umumkan pada bulan Juni 2017. Untuk yang ingin memilih jalur universitas, anda disarankan untuk membuka website atau bisa menghubungi pihak kampus untuk memastikan ketersediaan jurusan yang anda pilih dan silahkan menghubungi pihak Kedutaan Besar yang ingin memilih jalur ini.

Sebagai tambahan, periode beasiswa untuk program master bisa di tempuh selama selama tiga tahun; satu tahun untuk mengikuti program bahasa Korea dan dua tahun untuk program perkuliahan. Perkuliahan dimulai tanggal satu September 2017 sampai 31 Agustus 2020. Untuk program doktor diberi waktu selama empat tahun; satu tahun untuk pelatihan bahasa Korea dan 3 tahun untuk perkuliahan.

Nah, saatnya anda bersiap-siap; kemudian mendaftar! Cobalah setiap kesempatan, mimpi hanya bisa mengarah ke tujuannya jika berjalan di atas jalannya. Good luck

Comment dong...