Kamu Berencana Naik Gunung? Persiapkan Dulu Hal-hal Berikut Ini

loading...

Mendaki gunung merupakan olahraga yang bisa dikatakan cukup ekstrim. Walaupun demikian, dewasa ini tidak sedikit orang awam yang tertarik untuk mencobanya. Jika kamu adalah salah satu pemula yang penasaran dengan kegiatan mendaki, kamu harus tahu dulu beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelumnya.

1. Cari Tahu Tentang Medannya

P_20141112_095745

Kamu bisa mengumpulkan data tentang gunung tujuanmu terlebih dahulu. Mulai dari status gunung tersebut, sumber air yang ada di sana, bagaimana prakiraan suhu dan cuaca ketika kamu akan naik nanti, bagaimana jalur yang akan kamu lalui di sana, potensi bahaya apa saja yang mungkin akan kamu hadapi, bahkan budaya atau pantangan setempat yang harus kamu hormati.

2. Tentukan Tujuanmu Mendaki

ru_01.4

Menentukan tujuan mendaki ini juga penting. Sebab akan berpengaruh pada persiapan fisik dan peralatan yang kamu bawa. Tentukan tujuanmu mendaki, apakah untuk mengikuti kegiatan pendidikan dan latihan (diklat), kegiatan SAR, melakukan ekspedisi alam, atau hanya sekedar berwisata.

3. Persiapkan Fisikmu

jogging

Ini dia hal terpenting yang harus dipersiapkan sebelum naik gunung. Disiplinkan dirimu untuk olahraga rutin sebelum naik gunung setidaknya 1 bulan sebelum pendakian. Kamu bisa melakukan jogging sebanyak 2 kali seminggu dengan waktu 30-45 menit. Bisa juga dengan melakukan olahraga rutin lainnya seperti sit-up untuk mengencangkan otot perut, push-up untuk menguatkan otot lengan, pull-up untuk menguatkan otot bahu, dan lainnya.

4. Tidak Lupa Juga Persiapkan Mentalmu

Tips-Apa-Saja-Yang-Harus-Dilakukan-Sebelum-Naik-Gunung

Ingat, mendaki gunung bukan hanya sekedar perjalanan fisik, melainkan juga perjalanan hati. Untuk melihat keindahan di atasnya tentulah tidak mudah, tidak sedikit perjuangan yang harus dilalui. Selalu siapkan diri dengan kemungkinan yang terjadi di alam. Hope for the best, prepare for the worst!

5. Pastinya Persiapkan Alat dan Logistik yang Sekiranya Diperlukan

peralatan-wajib-mendaki-gunung

Karena mendaki tidak hanya membawa diri sendiri, kita juga harus cermat dalam memilah barang-barang yang sekiranya diperlukan di atas sana. Pilihlah peralatan yang mempunyai keefektifan dan berdaya guna besar. Barang bawaan ini juga disesuikan dengan tujuan dan lamanya pendakian kita. Siapkan mulai dari peralatan kelompok (seperti tenda dan alat masak), peralatan pribadi, hingga manajemen air dan makanan selama perjalanan nanti.

Orang bijak mengatakan gagal mempersiapkan berarti mempersiapkan kegagalan. Jadi, selamat mempersiapkan pendakian pertamamu!

Comment dong...