Ini Angkot atau Pesawat? Mewah Banget Isinya, Kamu Wajib Coba Kalau Kelak Main ke Bandung

loading...

6 Maret 2017

Saat mendengar kata “angkot”, apa yang terbesit di pikiranmu? Tentu angkutan yang penuh sesak, desak-desakan, panas, belum lagi bau rokok dan ketiak penumpang lain. Duh, ampun deh kalau sudah kayak gitu. Tapi bagaimana kalau ada angkot dengan kenyamanan tingkat tinggi? Yang bikin kamu betah berlama-lama karena fasilitas yang disediakannya? Baru-baru ini pemerintah kota Bandung baru saja merealisasikan angkot idaman tersebut.

Setelah terkenal dengan angkutan Bandros (Bandung Tour on Bus), lagi-lagi Bandung berinovasi dengan kendaraan umum lainnya bernama Angklung (Angkutan Kota Keliling Bandung). Fasilitas premium alias eksekutifnya ini baru saja dirilis sekitar seminggu yang lalu.

Angklung diluncurkan pada 1 Maret lalu dan akan melalui 12 rute jalanan kota Bandung

Nama angkot ini Angklung via bandungjuara.com

Dikutip dari laman pemerintahan Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung baru saja merilis jagoan baru mereka pada 1 Maret lalu. Angkot yang diberi nama Angklung (Angkutan Kota Keliling Bandung) ini sudah hampir seminggu beroperasi. Sebanyak 1600 armada diturunkan untuk melayani warga Kota Bandung. Jumlah ini sekitar 30 persen dari angkot Bandung yang ada. Rencananya, Angklung bakal beroperasi di 12 rute jalan, termasuk jalan-jalan protokol yang ada di Kota Bandung.

Sebagai angkot premium, sudah jelas kalau fasilitas bagi penumpang dinomorsatukan

Benar-benar menggiurkan via www.thejakartapost.com

Ketika angkot ini dilabeli status premium atau eksekutif, tentu dipastikan fasilitas yang diberikan jauh berbeda dari angkot biasa. Sepertinya Angklung ini benar-benar mementingkan kenyamanan para penumpangnya. Desain interiornya jauh lebih rapi dan terkesan berkelas. Bangku penumpang yang biasanya hanya beralaskan kayu yang dilapisi busa tipis nggak akan kamu temui dalam Angklung ini. Mereka menggunakan bangku premium yang bentuknya mirip sofa. Dan jelas saja kalau tempat duduk ini sangat empuk dan bikin nyaman.

Nggak cuma itu, angkot ini juga dilengkapi dengan fasilitas mumpuni seperti televisi layar datar, Wifi, AC, hingga colokan. Angklung juga memiliki tempat sampah dan pustaka mini di bagian belakang bangku sopir dan bangku penumpangnya. Kalau sudah kayak gini, masyarakat bakal berangsur-angsur menggunakan kendaraan umum sih.

Nggak cuma bagian interior, Angklung ini juga keren di bagian luarnya. Pengangkut sepeda misalnya

Ada pengangkut sepeda juga via www.pikiran-rakyat.com

Nggak cuma fasilitas interiornya, Angklung juga terlihat eksklusif dari luar. Selain ada running text di bagian atas kendaraan, Angklung ini juga dilengkapi stiker bergambar kearifan lokal Kota Bandung seperti gambar angklung dan alun-alun Kota Bandung yang sudah jadi trademark-nya si Kota Kembang ini. Satu hal yang paling jelas menjadi perbedaan antara angkot biasa dengan Angklung adalah pada bagian belakangnya, di mana angkutan ini dilengkapi dengan pengangkut sepeda. Jadi jika kamu lelah bersepeda, kamu bisa menumpang Angklung ini tanpa kesulitan.

Meskipun ongkosnya terbilang lebih mahal dari angkot biasa, tapi dengan fasilitas seperti ini rasanya nggak bakal ada yang protes

Ada pustaka mini juga dong via www.infobdg.com

Ada kualitas tentu ada harga dong. Angklung ini memang memiliki tarif yang lebih mahal dari angkot biasa. Untuk sekali jalan, penumpang dikenakan ongkos mulai dari 7 hingga 12 ribu rupiah. Tentu nggak jadi masalah jika dibandingkan dengan fasilitas yang diberikan. Sekalinya kamu naik angkot ini, dijamin bisa betah dan ketagihan. Angklung merupakan inovasi dari pemerintah Kota Bandung untuk mewujudkan transportasi moderen di wilayah mereka. Alasannya nggak lain adalah agar volume kendaraan di sana berkurang dan masyarakat akan lebih memilih menggunakan transportasi umum ke depannya. Tentunya dengan fasilitas yang lebih baik dan bikin mereka nyaman.

Tertarik mencoba angkutan premium satu ini? Silahkan berkunjung ke kota Kembang. Tempat yang selalu bikin nyaman dan rindu 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Comment dong...