Heboh Sarah Sechan yang Pamit Dari Media Sosial, 6 Artis Ini Juga Pernah Lakukan Hal yang Sama

loading...

7 Maret 2017

Di zaman dengan teknologi yang tumbuh dan berkembang makin pesat ini, media sosial seolah sudah menjadi sarana paling tepat untuk saling berbagi cerita dan pendapat tentang berbagai hal. Utamanya untuk para selebriti, media ini bisa jadi penghubung mereka komunikasi dengan banyak penggemarnya. Selama ini, nama Sarah Sechan bisa disebut sebagai salah satu selebriti yang cukup aktif menggunakan media sosial.

Sebagaimana dilansir dari Rappler, menariknya wanita 42 tahun itu sudah memutuskan untuk tak lagi meng-update dua akun media sosialnya; Twitter dan Instagram. Posting-an terakhir diunggah pada 28 Februari lalu, yakni berupa video boomerang pendek di kedua akun media sosialnya tadi. Pada caption video boomerang yang diunggah, Sarah mengungkapkan alasannya mundur dari jagad media sosial. Intinya, Sarah ingin lebih menjalani hidup dan menikmati tiap momen dalam kehidupannya. Bukan lagi sibuk membuat orang lain yang tak terlalu dikenalnya mengerti dan alih-alih setuju dengan segala unggahannya.

Nih caption super panjang teh Sarah via instagram.com

Wanita yang memiliki 158 ribu followers di akun Instagram dan 2,6 juta followers di akun Twitter ini menyadari jika hidup di media sosial sangat melelahkan dan telah menyita banyak waktunya sebagai seorang ibu. Terang saja aksi pamit sarah ini mengejutkan para penggemarnya dan menuai banyak komentar. Tapi, sejatinya ini bukan hal baru dalam dunia selebriti. Pasalnya, sebelum Sarah Sechan, ada 6 artis lainnya yang juga melakukan hal yang sama. Yuk simak rangkuman Hipwee News & Feature.

1. Penggemar Justin Bieber pasti tahu, penyanyi 23 tahun ini juga sempat bikin heboh karena memutuskan untuk menonaktifkan akun Instagramnya pada Agustus 2016

Beliebers pasti tahu banget kasus ini. Gara-gara mantan~ via ristizona.com

Akun Bieber akhirnya ditutup setelah sebelumnya dia mengancam untuk mem-private lebih dulu akun tersebut. Sebabnya sederhana, karena fansnya makin sering berkomentar negatif tentang hubungan asmaranya dengan Sofia Richie, anak dari penyanyi Lionel Richi. Perdebatan di akun Instagram Bieber pun makin parah ketika ada komentar dari Selena Gomez yang menyarankannya untuk tidak mengunggah foto bersama kekasih barunya itu. Sempat ribut kecil dengan Gomez di media sosial, Bieber akhirnya menonaktifkan akun Instagram-nya. Tapi 4 Februari 2017 lalu, dia kembali lagi mengunggah video di Instagram tuh. Duh, kangen di-bully apa gimana?

2. Berbeda degan Bieber yang sempat vakum dari media sosial karena bullying, Ed Sheeran bisa dibilang melakukan cara yang hampir mirip dengan Sarah Sechan

Mungkin setahun masa ‘rehat’nya, Ed sibuk mencari isnpiras untuk album barunya via hollywoodreporter.com%20

Ed Sheeran mampu tampil dengan filosofis dalam momen perpisahannya ‘sementara’ dengan jagad dunia maya. Ed sengaja memutuskan untuk istirahat dari kegiatan media sosial dengan dalih ingin berhenti melihat dunia melalui internet. Ed begitu ingin melihat dunia dengan matanya sendiri dan menilik lebih dekat hal-hal yang selama ini luput dari perhatian. Akhirnya pada bulan Desember 2015 dia pun benar-benar meninggalkan dunia ‘di balik layar’ dan jadi punya kesempatan untuk bepergian ke dunia sesungguhnya. Namun lagi-lagi pada tanggal 13 Desember 2016 atau setahun setelahnya, Ed kembali ke Instagram dengan mengunggah berbagai foto dan video.

3. Demi Lovato juga sempat keluar dari Twitter dan Instagram pada Juni 2016 lalu tanpa mengungkap alasan yang jelas. Tapi dari cuitan-cuitannya sih agaknya kita bisa berspekulasi

Berhenti dari medsos kurang dari 24 jam via profilbos.com

Dari beberapa kicauan di akun Twitter-nya, Lovato nampak kesal akan komentar dari para haters. Dia juga sepertinya bosan lantaran terlalu banyak dan sering mendapat respon negatif mengenai opini-opini yang dilontarkannya. Namun setelah pamit untuk tak lagi berjejaring sosial, kurang dari 24 jam Lovato sudah kembali lagi dan menjelaskan kalau dia lebih sayang pada Lovatics (julukan penggemarnya) ketimbang harus keluar dari media sosial gara-gara ulah para haters.

4. Pemeran film La La Land, Emma Stone juga sempat menyerah dengan media sosial pada 2013 silam. Kalau yang ini sebabnya cukup serius, karena akun Twitter-nya pernah diretas

Ini sih serius, bukan karena baper komentar hatters via hercampus.com

Pernah suatu kali, tiba-tiba akun Twitter Stone berkicau “Nawder nad Islasehne tsintgi ni a erte.” Beberapa fans-nya pun sadar, kalau twit tersebut ialah anagram dari “Andrew and Shailene sitting in a tree” yang kemudian diartikan bahwa mungkin ada hubungan tertentu antara Andrew Garfield dan artis Shailene Woodley. Terang saja para fans mengira Stone mengetahui hubungan keduanya. Mengaku telah menjadi korban peretasan, Stone pun menghapus akun Twitternya hingga kini. Wow!

5. Miley Cyrus yang dikenal sangat aktif di Twitter pun sempat pamit undur diri pada Oktober 2009. Kabar burungnya sih gara-gara si pacar, Liam Hemsworth

[embedded content]

Seakan meluruskan kabar yang beredar, melalui akun YouTube-nya, Cyrus mengatakan bahwa keputusannya berhenti bermain Twitter bukan karena Liam Hemsworth, tapi karena ingin hidupnya lebih berwarna dengan memerhatikan orang-orang di sekitarnya. Dia pun mengumumkan hal tersebut dengan melakukan gaya khasnya, yaitu rap sambil berjoget. Dua tahun vakum, akhirnya 2011 lalu Cyrus memutuskan kembali lagi berteman media sosial dan sangat aktif hingga kini.

6. Di Indonesia sendiri, pedangdut seksi Dewi Persik, sempat menghentikan aktivitasnya di media sosial. Sama halnya dengan Emma Stone, peristiwa peretasan pernah dialaminya

Semoga nggak diretas lagi deh via indowarta.com

Akun Instagram bernama @dewiperssik16 itu pernah diretas oknum tak dikenal yang mengunggah foto editan senonoh menggunakan wajah Dewi Persik. Karena hal itulah, keputusan menghapus akun lamanya pun dirasa sebagai keputusan terbaik.

“Salam silaturahmi. Nanti kalau waktunya saya bikin IG baru, nanti saya kasih tahu ya. Untuk sementara waktu ini, saya lagi enggak bikin IG. Salam kangen buat semuanya, tapi secepatnya saya akan bikin IG. Salam dari saya, Dewi Persik,” kata Dewi pada postingan terakhir.

Dan benar saja, kini dia telah aktif kembali dengan akun barunya yang bernama @dewiperssikreal

Media sosial memang tak lagi bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia saat ini. Penggunaan media sosial benar-benar mengubah cara kita berkomunikasi dengan satu sama lain. Orang yang aslinya suka malu-malu mengemukakan pendapat di publik, bisa berani beropini online di bawah nama lain. Atau sebaliknya. Public figure atau tokoh masyarakat seperti kasus-kasus di atas juga memiliki platform baru untuk bisa berkomunikasi langsung dengan penggemar atau khalayak umum. Namun proses komunikasi langsung lewat medsos inilah yang akhirnya jadi masalah dilematis bagi sebagian orang.

Seberapa banyak kita sebaiknya berbagi dan membuka kehidupan di media sosial?

Tiap orang mungkin punya jawaban dan ukuran tersendiri untuk pertanyaan di atas. Kasus selebriti seperti yang kita bahas di atas, terjadi karena mereka merasa kehilangan kontrol akan privasi atau ruang pribadinya. Maka dari itu, mereka memilih ‘mundur’ dan menutup akun medsosnya supaya bisa fokus ke hidup yang sebenarnya. Dilema itu juga tidak hanya dialami para selebriti. Masyarakat biasa pun seringkali menggunakan gesture ‘mundur’ dari medsos untuk menyerukan perubahan atau peristiwa penting dalam hidup. Dari yang habis putus cinta sampai hanya ingin terlihat anti-mainstream, ‘pensiun dari kehidupan online‘ berkembang jadi hal penting yang jadi sorotan bersama.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Comment dong...