“Fire”, Cat Rambut Ajaib Pertama di Dunia yang Bisa Berubah Warna Sesuai Suhu Ruangan. Seperti Apa, Ya?

loading...

2 Maret 2017

Bagi para cewek yang terobsesi dengan pewarnaan rambut, sering gonta-ganti warna rambut adalah hal yang biasa. Selain melalui tata rias wajah, mewarnai rambut juga bisa membuat penampilan seseorang terlihat berbeda. Nggak heran jika pada akhirnya banyak para cewek yang mengubah warna rambutnya. Hal ini ditunjang pula oleh tren warna rambut yang datang silih berganti pada tiap tahunnya.

Di tahun 2017 ini, dunia style sedang dibuat heboh, khususnya mengenai tren warna rambut. Jika tahun lalu kita cukup terkagum-kagum dengan beberapa tren warna rambut seperti ash grey, rose gold, dan glow in the dark, maka jangan kaget dengan tren warna rambut terbaru ini. Nggak kalah keren dan mengagumkan!

Meski terdengar unik, cat warna rambut ini bisa membuat mahkotamu berubah-ubah warna sesuai dengan suhu ruangan. Penasaran, ‘kan?

nggak bisa dipercaya!

Menanggapi kebiasaan kaum milenial yang ingin menonjolkan sisi keunikan dan anti mainstream-nya, seorang peneliti bernama Lauren Bowker menciptakan pewarna rambut pertama di dunia yang bisa berubah warna seketika. Bersama The Unseen, perusahaan yang berbasis di Inggris ini, penemuannya dipamerkan dalam perhelatan London Fashion Week. Sebagaimana dilansir majalah Wired, cat rambut revolusioner yang bisa berubah warna ini kemudian dinamakan ‘fire’.

Dalam video demonstrasinya, terlihat rambut yang awalnya berwarna gelap secara perlahan berubah menjadi merah menyala setelah tertiup oleh angin. Menurut Lauren, perubahan warna dipicu karena perubahan suhu lingkungan sekitar. Jika cuaca hangat, perlahan-lahan rambut berubah menjadi kemerahan seperti api, namun jika suhu udaranya menurun, warna cerahnya akan semakin pudar. Perubahan ini bisa terjadi dalam satu menit hingga lebih lama dengan transisi yang bertahap.

Bukan sulap bukan sihir, bukan juga ilusi optik. Rambut yang warnanya berubah ini disebabkan karena reaksi kimia dalam kandungan cat rambut tersebut

hasil reaksi kimia via www.boredpanda.com

Di kalangan fashion, Lauren Bowker yang juga pendiri The Unseen dikenal sebagai ‘The Alchemist’. Ia dan timnya memang memiliki beberapa terobosan luar biasa dalam dunia desain dan fashion. Sistem pewarnaan ‘fire’ sendiri mengandalkan complex-carbon yang berasal dari molekul khusus yang bisa berganti warna dengan sendirinya. Molekul tersebut bekerja berdasarkan temperatur dan cahaya.

Ketika suhu turun atau naik, molekul berbasis karbon mengalami reaksi yang bisa dipulihkan. Atas perubahan suhu tertentu, salah satu molekul dalam ikatan karbon menjadi lebih stabil daripada yang lain, reaksinya akan bekerja dengan memproduksi molekul dengan penyerapan cahaya yang sedikit berbeda, sehingga menciptakan warna yang berbeda pula. Namun, perubahan warnanya juga nggak menentu. Bisa dari hitam ke merah atau biru hingga pirang, tergantung dengan dengan cahaya dan kondisi lingkungan. Wah, keren, ya!

‘Fire’ ini tersedia dalam berbagai range warna, lho. Mulai dari warna merah cerah hingga ke warna yang lebih kalem

ada berbagai warna via www.creativereview.co.uk

Lauren Bowker dan tim The Unseen telah menciptakan tujuh pewarna rambut semi-permanen yang beraneka ragam, masing-masing dengan reaksi yang berbeda baik suhu maupun lingkungan sekitarnya.

Misalnya, salah satu dari mereka berubah dari hitam menjadi merah tua dengan sedikit oranye setiap kali suhu lingkungan naik. Lainnya, dimulai dari rambut pirang ke biru kapanpun kamu berada di lingkungan bersuhu di bawah 15 derajat Celcius. Ada juga yang mengubah warna dari abu-abu perak menjadi pastel pink, atau dari merah ke hijau atau biru, tergantung pada berbagai perubahan suhu. Bisa gila nih milihnya!

Untungnya, bahan kimia yang tergolong asing untuk rambut ini telah dipastikan aman dan nggak memberi efek buruk pada rambut

aman digunakan

Nggak jauh berbeda dengan pewarna rambut lain yang beredar di pasaran, ‘fire’ yang bisa berubah warna ini juga mengandung beberapa unsur-unsur beracun. Tapi tenang, Lauren dan The Unseen telah memastikan bahwa penggunaannya aman untuk rambut. Mereka telah mengurangi kadar zat berbahaya dan menggantinya dengan polimer untuk mencegah iritasi kulit kepala dan rambut. Pewarna rambut ini juga bersifat sementara dan bisa hilang setelah beberapa kali pencucian.

Sayangnya, produk The Unseen ini masih belum tersedia di pasaran. Lauren masih mencari mitra untuk bisa mengembangkan dan memperbanyak produk ini. Jika sudah dipasarkan, bukan nggak mungkin rambut yang bisa berubah-ubah warna ini bakal jadi tren yang diminati di dunia kecantikan. Jadi sambil menunggu launching-nya, kamu bisa menabung dari sekarang, girls!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Comment dong...